Penyuluhan Bagi Lansia: Sinergi dengan Gereja dalam Tugas Pelayanan Kepada Lansia

Tiur Imeldawati, Lisdayani Simamora, Tumiasih Yohana Margaretha

Abstract


Hal yang melatar belakangi riset ini adalah keperdulian penulis terhadap pelayanan lansia, dimana penulis berharap para penyuluh Agama Kristen dapat membangun komunikasi dan sinergi dengan gereja melalui beberapa program yang menjawab kebutuhan lansia. Siapakh lansia? Lansia adalah mereka yang sudah memasuki usia enam puluh tahun ke atas, dan telah mengalami berbagai perubahan secara fisik seperti menurunnya kekuatan fisik, menurunnya kesehatan, menurunnya kemampuan alat indera dan berbagai keterbatasan lainnya. Apakah yang menjadi pergumulan lansia dan bagaimana penyuluh bisa hadir dengan cara bersinergi dengan gereja untuk memberikan layanan terbaik bagi para lansia yang juga merupakan sasaran kasih Allah di tengah masyarakat. Penyuluh agama Kristen bisa hadir dan menjadi berkat bagi para lansia melalui program-program yang menjawab kebutuhan mereka. Berbagai persoalan yang dihadapi oleh lansia sehubungan dengan usia dan kondisi fisik mereka memerlukan layanan. Penyuluhan sebagai bagian dari pelayanan Kristen bisa dilakukan dengan memberikan edukasi bagi para lansia bahwa mereka berharga dan masih bisa melakukan banyak hal di usia mereka yang renta. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustkaan penulis memperkaya kajian dengan berbagai sumber primer. Lansia sebagai bagian dari kelompok binaan dan bagian dari umat Allah masih bisa berkarya di usia tua mereka sekalipun dengan cara saling melayani sesama lansia dan mendorong mereka untuk menjadi teladan bagi orang-orang muda melalui kehidupan nyata.


Keywords


lansia; penyuluhan; pelayanan gereja

Full Text:

PDF

References


Anton M dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 4. Jakarta: Gramedia, 2008.

Browning, W.R.F. Kamus Alkitab. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Burnham, Sue. Emosi Dalam Kehidupan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1994.

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.

Gunarsa, Yulia SInggih D. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Imeldawati, Tiur. “Pendidikan Agama Kristen Di Masa Lalu-Masa Kini Dan Pada Persfektif Masa Depan.” Jurnal Pendidikan Tambusai Vol 6 No 2 (2022): 13605–14.

———. “Peran Orang Tua Dalam PAK Keluarga.” Jurnal STTTII Medan Vol 1 No 1 (2015): 129–30.

Ismael, Andar. Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Jaya, I Made Laut Mertha. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif:Teori, Penerapan Dan Riset Nyata. Yogyakarta: Quadrant, 2020.

Prince, Derek. Rasa Tertolak. Jakarta: YPI Immanuel, 1994.

Seruni, Puti Pranatha Sekar, Duma Fitri Pakpahan, Doni Pranata Tarigan, and Victor Deak. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Kesepian Pada Lanjut Usia.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1, no. 5 (2022): 1275–86.

https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i5.1163.

Silaban, Lidya NP. Tiur Imeldawati. “Mengembangkan Perilaku Lansia Sebagai Pelaku Firman Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Kristen.” Kerugma: Jurnal Teologi Dan PAK Vol 5 No 1 (2023): 38–46.

Sipahutar, Melina Agustina. Tiur Imeldawati. “Etika Komunikasi Penyuluh Agama.” Elettra: Jurnal Prodi Pendidikan Penyuluh Agama Vol 1 No 1 (2023).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta, 2021.

Suharso. Pandai Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2015.

Suling, KM. S.S. Palenkahu. Pedoman Praktis Bagi Manusia Usia Lanjut. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1996.

Ward, Charles G. Buku Pegangan Pelayanan. Jakarta: Persekutuan Pembaca Alkitab, 1984.

Wibisono Susanto, Mardiono Marsetio, Aratjmo Tjokronegoro. Pengaruh Perubahan Fisik Usia Lanjut Pada Aspek Kejiwaan: Kelanggengan Usia Lanjut. Jakarta: Universitas Indonesia, 1991.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v21i2.2328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id