Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think-Talk-Write) Terhadap Keaktifan Belajar Pak Budi Pekerti Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigalingga Tahun Pembelajaran 2022/2023

Roysaputra Sihombing, Dorlan Naibaho, Goklas J Manalu

Abstract


Model Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa melalui kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan berpikir (Think), berbicara/berdiskusi, bertukar pendapat (Talk),dan menulis hasil diskusi (Write).    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap keaktifan belajar Pendidikan Agama Kristen Budi Pekerti Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tigalingga Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif Inferensial. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tigalingga Tahun Pembelajaran 2022/2023 yang berjumlah 130 orang dan ditetapkan sampel sebanyak 52 orang yaitu 40% dari jumlah populasi. Data dikumpulkan menggunakan angket tertutup positif sebanyak 40 item. 1) Uji persyaratan analisis: a) uji hubungan yang positif diperoleh nilai rxy = 0,558 > rtabel(a=0,05,n=52) = 0,297 dengan demikian diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel X dengan variabel Y. b) Uji hubungan yang signifikan diperoleh nilai thitung= 4,753 > ttabel(a=0,05,dk=n-2=50)= 2,000 dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. 2) Uji pengaruh: a) Uji persamaan regresi, diperoleh persamaan regresi . b) Uji koefisien determinasi regresi (r2) = 31,1%. 3) Uji hipotesis dengan menggunakan uji  F diperoleh Fhitung > Ftabel=(a=0,05,dk pembilang k=21,dk penyebut=n-2=52-2=50) yaitu 22,59 > 1,39 Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap keaktifan belajar Pendidikan Agama Kristen Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigalingga Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think-Talk-Write); Keaktifan Belajar; PAK Budi Pekerti Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2016. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Djamarah, Bahri Syaiful. 2014. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2019. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siswanto, Wahyudi & Ariani. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: PT Redika Aditama.

Shoimin, Arif. 2022. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Sinar. 2022. Metode Active Learning. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sudjana, Nana. 2012. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru.

Sudjana. 2021. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, B.Hamzah & Nurdin Mohamad. 2017. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2013. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v21i2.2317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id