Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Layanan Administrasi Tata Usaha di SMK Negeri 1 Doloksanggul
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai manajer sekolah dalam meningkatkan layanan administrasi tata usaha di SMK Negeri 1 Doloksanggul. Bentuk penelitian menggunakan metode kualitatatif dengan pendekatan wawancara. Peneliti mengumpulkan data dari informan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, landasan teori yang digunakan adalah peran kepala sekolah sebagai manajer untuk meningkatkan layanan tata usaha. Teori yang digunakan berdasarkan tulisan Supatmi dan Masluyah Suib yakni: (a) Kepala sekolah sebagai manajer merencanakan (planning) yaitu menyusun program kerja tata usaha; (b) Kepala sekolah sebagai manajer melakukan pengorganisasian (organizing) pembagian tugas; (c) Kepala sekolah sebagai manajer dalam pengawasan (controling) kunjungan langsung keruangan tata usaha; (d) Kepala sekolah sebagai manajer dalam evaluasi (evaluating) menilai hasil kerja staf tata usaha. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan layanan administrasi tata usaha di SMK Negeri 1 Doloksanggul sudah maksimal.
Keywords
References
Alawiyah, Desfi. 2022. “Pernanan Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di MTs AL-IHSAN Pamulang.” Skripsi Tidak Diterbitkan ( Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayattullah).
Asrul, Najewan dan. “Kepala Sekolah Dan Kinerja Staf Tata Usaha.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol.1, no.1 (2020): 8–18.
Ghufron, Soegeng. 2018. Kepala Sekolah,Teacher,Leader,Manager. DI Yogyakarta: Magnum pustaka utama.
Grace, Dielmy, dan Andi. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Menigkatkan Mutu Pendidikan.”Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan (2015): 1–12.
Harianto. “Manajemen Kepala Madrasah Dalam Menunjang Kualitas Kinerja Tenaga Administrasi Tata Usaha Di Man 2 Lombok Tengah.” Jurnal Edukasi Vol. 5, no.1 (2023): 2.
HS, Suaeb dan Jasman. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Di MTS Negeri 2 Raba Bima.” Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi Vol 2. no.1 (2019): 20-32.
Iskandar, Jammaluddin. “Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah.” Jurnal Idaarah Vol. 1 no.1 (2017): 89-95.
Masluyah, Supatmi dan. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Tugas Tata Usaha Di SMP N 1 Singkawang.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Administarsi Pendidikan Vol.2 no 1 (2019): 5.
Rahmat Hidayat dan abdillah. Ilmu Pendidikan Konsep ,Teori Dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2019.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R& D. Bandug: Alfabeta, 2007.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Zebua, Yatri Iman Riani. “Pengaruh Kepemimpinan Transformatif Dan Pelayanan Yang Kreati Pendeta Terhadap Pelyanan Pemuda Resort 48 BNKP Di Wilayah Tapanuli Utara Tahun 2023.” Jurnal Euangelion Vol 3. no. (2023),hal 11.
Undang Undang No 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 11.
UU RI No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat (1).
DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v22i2.2312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id