Pengaruh Model Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti

Bina Idola Siahaan, Pestaria Naibaho, Raikhapoor Raikhapoor

Abstract



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model Mastery Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Siswa Kelas X SMK Swasta YAPIM Balige Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah statistik inferensial deskriptif kuantitatif, serta menggunakan angket tertutup sebesar 30 item. Populasi berjumlah 102 siswa dan ditetapkan sampel sebanyak 42 orang yakni 41% dari populasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) melalui uji persyaratan analisis: diperoleh nilai uji yang positif atau nilai rxy = 0,508 > rtabel(=0,05,n=42) = 0,304 maka dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel X dengan variabel Y. Selanjutnya, diperoleh nilai uji hubungan yang signifikan atau thitung= 3,734 > ttabel(=0,05,dk=n-2=40)=2,021 dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. 2) Uji pengaruh: a) Uji persamaan regresi, . b) Uji koefisien determinasi regresi (r2) = 25,8%.3) Uji hipotesis dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 13,77 > 1,51 Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.


Keywords


Hasil Belajar, Model Mastery Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur-Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: ANDI.

Basri, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Tuntas Terhadap Hasil Belajar Ekonomi.” Wahana Kajian Pendidikan IPS 1.

Dimyanti, Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatirani, Herneta. 2021. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Sistem Ekskresi Manusia. NTB: Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.

Fitriani. 2016. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Di SMP Karya Indah Kecamatan Tapung.” PeKA 4, no. 2.

GP, Harianto. 2012. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI.

Hapudin, Muhammad Soleh. 2021. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Khafid, Muhammad. 2008. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketuntasan Belajar Akuntansi: Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening.” Ilmu Kependidikan, no. 1.

Kristianto, Paulus Lilik. 2008. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI.

Kustanto, Fredy. 2015. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Participation Learning Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar.” Ilmiah Mitra Swara Ganesha 2, no. 2.

Legi, Hendrik. 2021. “Implikasi Metode Mengajar Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Teologi dan Pendidikan Kristen 1.

Melvin, dkk. 2017. “Hubungan Antara Disiplin Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendari.” Penelitian Pendidikan Geografi 1, no. 1.

Nainggolan, John. M. 2007. Menjadi Guru Agama Kristen Suatu Upaya Peningkatan Mutu Dari Kualitas Prodesi Keguruan. Jabar: Generasi Info Media.

Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurdin, Adriantoni. 2019. Kurikulum Dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

P, Himawan, dkk. 2018. Model Pembelajaran Sistem Perilaku Belajar Tuntas Berporgram Langsung Simulasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Parwati, dkk. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Rachmawati,dkk. 2021. Teori & Konsep Pedagogik. Insania.

Rianto, Aris. 2023. Model Pembelajaran Round Club Dan Hasil Belajar. Guepedia.

Rusman. 2018. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana).

Sawitri, Ester Reni. 2023. Model Discovery Learning Berbantuan Komik Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Setiawan, dkk. 2023. Monograf Metode Role Play (Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik). Medan: UMSU Press.

Sitorus, Jonter Pandapotan. 2019. Wawasan Dunia Kristen Dan Wawasan Ilmu Pengetahuan Terhadap Bahasa. Malang: CV. Evernity Fisher Media.

Sudarmanto, Eko. 2021. Model Pembelajaran Era Society 5.0. Cirebon: Penerbit Insania.

Sudjana. 2011. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: cv ALFABETA.

Sumiati, Asra. 2018. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Syamsul, Kifli. 2021. Gambaran Hasil Belajar Fisika Berdasarkan Kepribadian (Myers Briggs Indicator) MBTI Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Makassar Angkatan 2020, 2021.

Tirtarahardja, dkk. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wahyuningsih, Endang Sri. 2020 Model Pembelajaran Mastery Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Wijaksono, Muhammad. 2021. Metode Pembelajaran Tuntas Dalam Pendidikan Kepramukaan Perspektif Al-Qur’an Dan Implementasinya Di SMP IT Al-Husein Tigaraksa. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.

Yamin, Martinis.2010. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v21i2.2311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id