Ketergantungan Abadi: ESS dan Dampaknya Terhadap Identitas dan Perkembangan Sang Putra

Lindayani Lindayani

Abstract


Penelitian ini menginvestigasi fenomena ketergantungan terhadap ESS (Electronic Screen Syndrome) dan dampaknya terhadap identitas dan perkembangan seorang putra. Dalam era modern ini, teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia, termasuk melalui penggunaan perangkat elektronik seperti ponsel pintar, tablet, dan komputer. Namun, ketergantungan yang berlebihan pada perangkat-perangkat ini dapat memiliki konsekuensi negatif yang signifikan. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pengalaman individu dalam menghadapi ketergantungan ESS. Peneliti menggunakan metode wawancara terstruktur untuk mewawancarai seorang putra yang telah mengalami ketergantungan ESS dan juga keluarganya. Temuan-temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ketergantungan ESS dapat menyebabkan gangguan terhadap identitas individu dan menghambat perkembangan sosial, emosional, dan kognitif sang putra. Hasil penelitian ini memberikan wawasan penting tentang dampak negatif dari ketergantungan ESS pada identitas individu dan perkembangan pribadi. Implikasi praktis penelitian ini adalah pentingnya kesadaran akan penggunaan yang seimbang dan bijak terhadap teknologi di kalangan orang tua, pendidik, dan masyarakat umum. Langkah-langkah pencegahan dan intervensi harus diambil untuk mengatasi ketergantungan ESS, termasuk pendidikan yang tepat bagi anak-anak tentang penggunaan yang sehat dan bertanggung jawab terhadap perangkat elektronik.
Kata Kunci: Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat


Full Text:

PDF

References


AMELIA, SUCI. “Perilaku Pencarian Informasi Komunitas Backpacker Jakarta.” Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, n.d.

Bell, Richard Q. “A Reinterpretation of the Direction of Effects in Studies of Socialization.” Psychological review 75, no. 2 (1968).

DAN, HUBUNGAN ANTARA SUDUT INTER-INSISAL, and PADA SUB-RAS DEUTRO MELAYU. “ARTIKEL PENELITIAN.” In 1ST NATIONAL COLLOQUIUM ON BUSINESS MANAGEMENT (NCBM), 176, 2021.

Fachrial, Edy. “MANAJEMEN LULUSAN BERBASIS PEMBELAJARAN ONLINE (DARING).” Pena Persada (2020).

Fathurozi, Dwi. “Pengaruh Kualitas Auditor, Likuiditas, Profitabilitas Dan Solvabilitas Terhadap Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2015-2017” (2019).

Fredricks, Jennifer A, and Jacquelynne S Eccles. “Is Extracurricular Participation Associated with Beneficial Outcomes? Concurrent and Longitudinal Relations.” Developmental psychology 42, no. 4 (2006).

Gross, James J. “The Emerging Field of Emotion Regulation: An Integrative Review.” Review of general psychology 2, no. 3 (1998).

Hesselbein, Frances, and Marshall Goldsmith. The Leader of the Future 2. Elex Media Komputindo, 2013.

Ilma, Naufal. “Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa” (2015).

Isaacs, Susan. Intellectual Growth in Young Children: With an Appendix on Children’s" Why" Questions by Nathan Isaacs. Routledge, 2018.

Isnaini, Nur. “Hubungan Persepsi Future Readiness Orang Tua Dengan Implementasi Effective Media and Technology Parenting Di Surabaya.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2022.

Jach, Hayley K, Jessie Sun, Daniel Loton, Tan-Chyuan Chin, and Lea E Waters. “Strengths and Subjective Wellbeing in Adolescence: Strength-Based Parenting and the Moderating Effect of Mindset.” Journal of Happiness Studies 19 (2018).

Munawaroh, Mas’ udatul. “Hubungan Konsep Diri Dengan Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren Putri Sabilurrosyad Gasek Karangbesuki Sukun Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2013.

Perloff, Robert. “Daniel Goleman’s Emotional Intelligence: Why It Can Matter More than IQ.” (1997).

Przybylski, Andrew K, and Netta Weinstein. “A Large-Scale Test of the Goldilocks Hypothesis: Quantifying the Relations between Digital-Screen Use and the Mental Well-Being of Adolescents.” Psychological science 28, no. 2 (2017).

RAHMATULLAH, RAHMATULLAH. “HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA TAHUN PERTAMA.” UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR, 2017.

Ryan, Richard M, and Edward L Deci. “Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being.” American psychologist 55, no. 1 (2000).

Sudira, Putu. “Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Spirit Tri Hita Karana.” Makalah. Naskah Artikel Buku Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Spirit THK. Tersedia pada https://www. researchgate. net/publication/328457124_ SMK_kearifan_ lokal_Tri_Hita_Karana_THK (diakses tanggal 28 April 2021) (2012).

Supanitayanon, Sudarat, Pon Trairatvorakul, and Weerasak Chonchaiya. “Screen Media Exposure in the First 2 Years of Life and Preschool Cognitive Development: A Longitudinal Study.” Pediatric Research 88, no. 6 (2020).

Verduyn, Philippe, Iven Van Mechelen, and Francis Tuerlinckx. “The Relation between Event Processing and the Duration of Emotional Experience.” Emotion 11, no. 1 (2011).




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v22i1.2243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id