Hubungan Pelayanan Prima Receptionist Terhadap Kepuasan Tamu Studi Kasus JTS Hotel Ressort And Convention Parbaba, Samosir

Tomos FH Lumbanraja, Herlina Saragih, Pestaria Naibaho, Harisan Boni Firmando Nainggolan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelayanan prima receptionist terhadap kepuasan tamu studi kasus Jaya Tunas Sejati Hotel Ressort & Convention Parbaba, Samosir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi adalah keseluruhan tamu yang menginap di Jaya Tunas Sejati Hotel Ressort & Convention Parbaba, Samosir jumlah rata-rata keseluruhan bulan Januari-Mei sebanyak 280-300 orang setiap bulannya dan ditetapkan sampel sebanyak 60. Data dikumpulkan dengan angket tertutup sebanyak 30 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan pelayanan prima receptionist terhadap kepuasan tamu studi kasus Jaya Tunas Sejati Hotel Ressort & Convention Parbaba, Samosir dibuktikan dengan analisa data sebagai berikut: 1) uji hubungan yang positif diperoleh nilai rxy = 0,516 > rtabel(=0,05,n=60) = 0,254 dengan demikian diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel X dengan variabel Y. 2) Uji hubungan yang signifikan diperoleh nilai thitung= 4,590 > ttabel(=0,05,dk=n-2=58)=2,000 dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Sehingga Ha yang mengatakan terdapat hubungan pelayanan prima receptionist terhadap kepuasan tamu studi kasus Jaya Tunas Sejati Hotel Ressort & Convention Parbaba, Samosir diterima dan H0¬ ditolak.

Keywords


Pelayanan Prima Receptionist, Kepuasan Tamu

Full Text:

PDF

References


Agung Sri Sulistyawati, 2017. Etika Pelayanan dalam Menghadapi Karakteristik Tamu di Industri Perhotelan, Fakultas Pariwisata Universitas Udayana.

Agusnawar. 2004, Ni Wayan. 2003, dan J.Martin. 1991, dalam Mia Nanda Nazmi, Peranan Receptionist dalam Meningkatkan Pelayanan Tamu pada Front Office Departmen di Mataram Square Hotel, Fakultas Ekkonomi dan Bisnis Universitas Mataram.

Arikunto Suharsimi. 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta :PT.Rineka Cipta).

Atep Adya Barata dan Swastika. 2003, dalam Skripsi Deby Julia Laurena. 2018, Analisis Pelayanan Prima, ADLN-Perpustakaan Universitas Airlangga.

Elhaitammy dalam Tjiptono. 2002:5, dalam Jurnal Skripsi Joko Priyono, Analisis Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Kualitas Pelayanan Hotel Grand Setiakawan di Surakarta, Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (Surakarta).

Ferdinand. 2014, dalam http:/repository.unpas.ac.id/43580/3/BAB%203%20pdf.

Kustini Henny General Hotel Management, ( Yogyakarta : Depublish 2017 ).

Maddy. 2009, dalam Jurnal hhtp:/etheses.uin-malang.ac.id>11410141-bab-2-pelayanan-prima.pdf.

Parasuraman dkk (Firzsimmons dan Fitsimons, 2004 : Zeithaml dan Bitner,2006), dalam Jurnal Skripsi Joko Priyono. 2009, Analisis Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Kualitas Pelayanan Hotel Grand Setiakawan di Surakarta, Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, (Surakarta).

Soenarno. 2009, dalam Jurnal Novia Kristina Tambunan, Tinjauan Penerapan Standar Grooming Front Office di Hotel The Axana Padang,Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Sumber Data Survei : Manajemen Jaya Tunas Sejati Hotel Ressort & Convention Parbaba, Samosir.2022.

Sugiyono. 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Bandung, Alfabeta.

Tagor Pangaribuan, Hata do Parsimboraan, Edisi Pertama, USU Press 2018.

Tjiptono. 2002, dalam Jurnal http:/eprints.umm.ac.id/20360/3/jiptummpp-gdl-widhiyamah-36613-3babii.pdf).

Tjiptono. 2008, dalam Jurnal http:/repository.uin-suska.ac.id/BAB-II-Landasan-Teori.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i2.1735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id