Metode Pembelajaran : Belajar Sambil Bermain Dalam Mengembangkan Minat Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Rosmey Meriaty Br. Sormin, Andar Gunawan Pasaribu

Abstract


Abstract:

The purpose of this paper is to find out how the ability of PAUD teachers in learning methods of learning while playing to increase interest in learning PAUD children. PAUD teachers' abilities include social skills, object-playing abilities and role abilities. Teachers must also have the ability to psychologically need PAUD children. With interest in learning, PAUD children have good character knowledge. The research method used is a quantitative method, by analyzing several literatures.

Keywords: learning methods, PAUD, covid-19 pandemic

 

Abstrak:

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan  guru PAUD dalam metode pembelajaran belajar sambal bermain untuk meningkatkan minat belajar Anak PAUD. Kemampuan guru PAUD mencakup kemampuan bersosial, kemampuan bemain benda dan kemampuan peran. Guru juga harus memiliki  kemampuan kebutuhan psikologi anak PAUD. Dengan minat belajar, anak PAUD memiliki pengetahuan karakter yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuanlitatif, dengan menganalisa beberapa literatur.

Kata Kunci: metode pembelajaran, paud, pandemi covid-19


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi – Joko Tri Prastya. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2005.

Agung, A.A.Gede. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Singaraja, 2012.

Andar Gunawan Pasaribu. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TARUTUNG TAHUN 2018.” Christian Humaniora Vol 2 No1 (2018): 87.

Depdiknas. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 2005.

Eci Sriwahyuni & Nofialdi. “METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) PERMATA BUNDA.” Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Atfal Vol. 4 | N (2016): 47.

Fitri Wahyuni. “Bermain Dan Belajar Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan Vol. 15 No (2020): 172.

Isjoni. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Bandung: Alfabeta., 2010.

Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Mokoginta, L., & Nurdiyani, N. “Program Home Visit Di Pos-PAUD Bintang Kecil,.” In E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Solusi Men:43–48. Semarang: Universitas Negeri Gorontalo, 2020.

Mulyasa. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Pasaribu, Andar Gunawan. “Hubungan Kreativitas Mengajar Pendeta Dengan Motivasi Belajar Anak Katekisasi Sidhi.” Jurnal Kurios 6, no. 2 (2020): 367–379.

Risaldy, Sabil. Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini,. Jakarta: Luxima, 2004.

Sipahutar, Roy Charly HP. “Revitalisasi Kekudusan Dalam Hidup Pelayan Kristen.” Teologi cultivation 2, no. 2 (2018): 476–482. http://jurnal.iakntarutung.ac.id/index.php/Jurnal-Teologi-Cultivation.

Sutikno, Pupuh Fathurrohman & M. Sobry. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Islami. Bandung: Rafika, 2007.

Suyadi & Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD,. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v5i2.689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com