Analisis Pelaksanaan Micro Teaching di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung 2019

Masniar Hernawati Sitorus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran micro teaching pada prodi Pendidikan Agama Kristen di IAKN Tarutung 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil analisis : 1) Persentase Pelaksanaan Micro Teaching di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung 2019 secara umum adalah 53,38% mahasiswa  selalu melaksanakan kegiatan micro teaching, 37,06% sering melaksanaan micro teaching, 7,88% jarang melakukan kegiatan micro teaching dan 1,18% tidak pernah melaksanakan micro teaching. 2) Persentase pelaksanaan micro teaching jurusan PAK di IAKN Tarutung tahun 2019 per indikator : a) Indikator pengenalan (pemahaman) tentang konsep pengajaran micro diketahui bahwa 64,12% selalu diberi pengenalan (pemahaman) tentang konsep pengajaran micro pada pelaksanaan micro teaching, 25,88% sering diberi pengenalan (pemahaman) tentang konsep pengajaran micro teaching pada pelaksanaan praktek micro dari dosennya, 7,65% kadang-kadang (jarang) diberi pengenalan (pemahaman) tentang konsep pengajaran micro pada pelaksanaan praktek micro dari dosennya, 2,35% tidak pernah diberi pengenalan (pemahaman) tentang konsep pengajaran micro teaching pada pelaksanaan praktek micro oleh dosennya; b) Indikator penyajian model diketahui bahwa 62,35% selalu menyajikan model pembelajaran, 31,76% sering menyajikan model pembelajaran, 4,71% kadang-kadang (jarang) menyajikan model pembelajaran, 1,18% tidak pernah menyajikan model pembelajaran; c) Indikator persiapan/ perencanaan mengajar diketahui bahwa 44,71% dosen micro teaching selalu mempersiapkan/ merencanakan pembelajaran, 45,29% sering dosen micro teaching mempersiapkan/ merencanakan pembelajaran, 8,24% kadang-kadang (jarang) dosen micro teaching mempersiapkan/ merencanakan pembelajaran, 1,76% tidak pernah dosen micro teaching mempersiapkan/ merencanakan pembelajaran; d) Indikator praktek mengajar diketahui bahwa 52,35% selalu dosen menyuruh dan mendampingi mahasiswa jurusan PAK melakukan praktek micro teaching di kelas, 36,47% sering dosen mendampingi mahasiswa melakukan praktek micro teaching di kelas, 10,59% kadang-kadang (jarang) dosen menyuruh dan mendampingi mahasiswa melakukan praktek micro teaching di kelas, 0,59% tidak pernah disuruh dan didampingi oleh dosen mahasiswa; e) Indikator diskusi/ feedback ketahui bahwa 45,88% selalu dosen melakukan diskusi/ feedback pada mahasiswa pada kegiatan praktek micro teaching, 45,88% sering melakukan diskusi/ feedback pada mahasiswa, 8,24% kadang-kadang (jarang) dosen melakukan diskusi/ feedback, 0,00% tidak pernah dosen melakukan diskusi/ feedback pada mahasiswa pada kegiatan praktek micro teaching. 3) Dari hasil uji hipotesa bahwa diketahui thitung = 6,410 > ttabel 34-1,α=5% yaitu 1,684, dimana thitung > ttabel yaitu 6,410 > 1,684. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa analisis pelaksanaan micro teaching Jurusan Pendidikan Agama Kristen di IAKN Tarutung 2019 mencapai ≥ 75 % dari yang diharapkan. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci : micro teaching


Full Text:

PDF

References


Asril, Zaenal. 2012. Micro Teaching. Jakarta: Radja Grafindo Persada

Arikunto Suharsimi. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Dimyanti dan Mudijono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sorby Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT. Refika Aditama.

Harianto.HP. 2012.Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini.Yogyakarta : Andi.

Homrighausen dan Enklaar.2011. Pendidikan Agama Kristen.Jakarta : Gunung Mulia.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Lilik, Paulus. 2011. Prinsip dan Praktik. Pendidikan Agama Kristen.Yogyakarta : Andi.

Nainggolan, M. John. 2010. Guru Agama Kristen sebagai Panggilan dan Profesi.Bandung : Bina Media Informasi.

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Ciputat : PT. Ciputat Pres.

Sidjabat. 2011. Menjadi Guru Profesional Sebuah Prespektif Kristiani. Bandung : Yayasan Kalam Hidup.

Sudjana, nana. 2010. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Uzer Usman Moh. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosda.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v4i2.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id