Analisis Tingkat Gaya Hidup Mahasiswa Dalam Menggunakan Dana Bantuan Bidik Missi Mahasiswa IAKN Tarutung Tahun 2019

Elvri Teresia Simbolon, Lasmaria Lumban Tobing

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar  persentase analisis Tingkat Gaya Hidup Mahasiswa  Dalam Menggunakan Dana Bantuan Bidik Missi Mahasiswa IAKN Tarutung Tahun 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa penerima bidik missi IAKN Tarutung sebanyak 97 orang. Sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa penerima bidik missi dan merupakan penelitian populasi. Instrumen penelitian ini berupa angket tertutup dengan empat option jawaban yaitu selalu, sering, kadang-kadang dan tidak pernah. Berdasarkan hasil analisis : 1) Tingkat gaya hidup mahasiswa  dalam menggunakan dana bantuan bidik missi Mahasiswa IAKN Tarutung Tahun 2019, bahwa 10,10 % bergaya hidup modern, 92,34 % bergaya hidup hemat, 98,28% bergaya hidup sehat dan 8,45% bergaya hidup bebas. 2) Dari hasil uji tdiketahui bahwa thitung = 21,394 kemudian dibandingkan dengan ttabel 97-1,α=0,05%, = 1,658 dimana thitung > ttabel yaitu 21,394 > 1,658. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Analisis tingkat tingkat gaya hidup mahasiswa penerima bidik missi adalah ≥ 75 % dari yang diharapkan yaitu 85 %. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Analisis tingkat tingkat gaya hidup mahasiswa penerima bidik missi adalah ≥ 75 % dari yang diharapkan yaitu 85 %. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

 

Kata Kunci : Tingkat Gaya Hidup Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jaannah. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kartono, Kartini, 1990. Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung : Bandar Maju.

Sabran, Bob. 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sylvia, Mandey. 2009. Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v4i2.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com