ANALISIS PENGIMPLEMENTASIAN PAIKEM OLEH GURU PAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN SIPOHOLON

Damayanti Nababan

Abstract


The purpose of this study is to analyze the Implementation of Active, Innovative, Creative, Effective and Enjoyable Learning (PAIKEM) by Christian Religious Education Teachers to Improve Learning Motivation of Class VIII Students of SMP Negeri Sipoholon District in 2018. The hypothesis of this study is the Implementation of Active, Innovative, Creative Learning, Effective and Enjoyable (PAIKEM) by Christian Religious Education Teachers to Improve Learning Motivation of Class VIII Students of State Junior High School in Sipoholon in 2018 ≥ 70% of what was expected, with a research sample of 45 people. Data were collected by a closed questionnaire and validity and reliability were tested. The results of the data analysis show that the Implementation of Active, Innovative, Creative, Effective and Enjoyable Learning (PAIKEM) by Christian Religious Education Teachers to Improve Learning Motivation of Class VIII Students of the State Junior High School in Sipoholon in 2018 ≥ 70% than expected, this is evidenced by the results of a good analysis of 80, 01% and count> t table of 3.143> 1.684 and. thus Ho is rejected and Ha is accepted. The implication is that if it increases student motivation, teachers must implement Active, Innovative, Creative, Effective and Enjoyable Learning (PAIKEM) in the learning process.

BAHASA INDONESIA ABSTRACT: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengimplementasian pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) oleh guru pak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri sekecamatan Sipoholon Tahun 2018. Hipotesa penelitian ini adalah pengimplementasian pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) oleh guru pak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri sekecamatan Sipoholon Tahun 2018 ≥ 70% dari yang diharapkan, dengan sampel penelitian berjumlah 45 orang. Data dikumpulkan dengan angket tertutup dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengimplementasian pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) oleh guru pak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri sekecamatan Sipoholon Tahun 2018 ≥ 70% dari yang diharapkan,  hal ini dibuktikan hasil analisisnya baik sebesar 80,01% dan thitung>ttabel sebesar 3,143 > 1,684 dan. dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Implikasinya jika akan meningkatkan motivasi belajar siswa guru harus mengimplementasikan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam proses pembelajaran.


Keywords


Active, Innovative, Creative, Effective and Enjoyable Learning (PAIKEM) in the learning process

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Jauhari Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta

Rusman 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sagala, Syaiful. 2012. Suvervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sidjabat, B.S. 2009. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

_____. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suprijono Agus. 2010.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sutikno, Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect

Uno, Hamzah dan Nurdin, Mohamad. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v4i2.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id