KOMITMEN MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN KRISTEN DALAM MENYELESAIKAN STUDI

Betty Arli Sonti Pakpahan

Abstract


This study aims to determine university student’s commitment in completing studies in the department Christian education management at IAKN Tarutung. Participants involved were studying at the third semester. Data were collected through a qualitative approach including from interview, documents, and open questionnaires. The results showed; First, students have commitment completing their studies although they were disappointed when they learned that their graduation was not in accordance with their first choice, but due to parents' advice and motivation, the socialization process and learning from lecturers, the motivation of classmates, student involvement in various campus activities, students increasingly love their study programs. Second, there is no significant difference between students who purely choose Christian education management study programs and students who graduate based on second choice and transition from other study programs. The results of this study indicate that intellectual desires and abilities are not the main keys in completing studies but because of hard work, and strong commitment (strong determination).


BAHASA INDONESIA ABSTRACT: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komitmen mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Kristen dalam menyelesaikan studi di IAKN Tarutung. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester tiga Prodi Manajemen Pendidikan Kristen. Data penelitian diperoleh melalui pendekatan kualitatif  dengan metode wawancara, dokumen dan angket terbuka. Hasil penelitian menunjukkan; pertama, mahasiswa berkomitmen untuk menyelesaikan studinya di IAKN Tarutung walaupun pada awalnya merasa  kecewa ketika mengetahui kelulusannya tidak sesuai dengan pilihan pertamanya,  namun  karena faktor nasehat  dan motivasi orangtua,  proses sosilaisasi dan pembelajaran dari dosen, motivasi teman kuliah, keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan kampus, mahasiswa semakin mencintai prodinya, Kedua, tidak ada perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang murni memilih prodi manajemen pendidikan kristen dengan mahasiswa yang lulus berdasarkan pilihan kedua dan peralihan dari prodi lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keinginan dan kemampuan intelektual tidak menjadi kunci utama dalam menyelesaikan studi tetapi oleh karena kerja keras, dan komitmen  yang kuat (tekat yang kuat).

Keywords: Commitment, Students, Completing Studies


Full Text:

PDF

References


Ginting, C. 2003. Kiat Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Cald. 2008. Cambridge Advanced Learner’s Dictionary. Cambridge: Cambridge University Press.

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Greenberg, Jerald & Robert A. Baron. 2000. Behaviour in Organization. London: Prentice Hall.

Guba, E. G. & Lincoln, Y.S. 2005. The Sage Handbook of Qualitative Research (3rd edition). Thousand Oaks, CA: Sage.

http://news.unair.ac.id/2017/12/21/antara-passion-pekerjaan-dan-jurusan-sanggupkah-memilih-ketiganya

James M. Kouzes, barryz. Posner. 2012. The Leadership Challenge 5th: How to Make Extraordinary Things Happen in Organizations. USA: Jossey-bass.

Jason A. Colquitt, Jeffery A LePine, Michael J.Wesson,. 2009. Organizational Behavior. Improving Performance and Commitment in the Workplace Singapore: McGraw-Hill.

J.D.Douglas, Ensiklopedi Alkitab Masa kini, Jilid II (M-Z). Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina kasih/OMF.

Jenny, J. 2009, Komitmen, http//www.jakartalarnten.com. Diunduh.

Lexy J.Moleong. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Meyer dan Hercovitch. 2001. Commitment in the Workplace:Toward a General Model. London: Blackwell Scientific Publication.

Medium.com/@suryaprayogaa/komitme

Miles, M. B, Humberman,A.M. dan saldana,J.2014. Qualitaive Data Analysis A Methods Sourceboo. Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi,UI-Press.

Pasaribu, Arifin, Khairul. 2016. Cara Menumbuhkan Komitmen Pada diri Sendiri dan Pada Orang Lain.Kreatifitasanakeki,blogsppot.com.

Robert Kreitner & Angelo Kinicki. 2007. Organizational Be¬havior. Seventh Edition. USA: Mc. Graw Hill Companies,

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi, Yokyakarta: Andi

Covey, S. R. 1994. 7 Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif (The Seven Habits Of Highly Effective People). Budijanto. Jakarta: Binarupa Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Pendidikan Tinggi 2012 (UU RI N0.12 tahun 2012). Jakarta: Sinar Graafika.

Versi offline dengan mengacu pada data KBBI, diambil dari http://pusatbahasa.diknas.go.id/KBBI

Yusuf. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Ganda, Y.1987. Petunjuk Praktis Cara Mahasiswa Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v4i1.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copy Right © 2020 Jurnal Christian Humaniora