PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN PENGETAHUAN TENTANG TEORI MUSIK DENGAN BERMAIN ALAT MUSIK ORGAN

Lince Rauli Ture Simamora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan pengetahuan tentang teori musik dengan bermain alat musik organ mahasiswa jurusan pendidikan musik gerejawi di IAKN Tarutung. Sampel penelitian ini berjumlah 55 orang. Teknik analis data digunakan adalah uji kuesioner serta study kepustakaan. Uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji analisis regresi, linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji t uji f dan uji koevisien determian R2 . Berdasarkan hasil diperoleh persamaan  regresi sebagai berikut: Hasil Belajar Teori Musik = 4,165 + 0,250 (X1) + 0,010 (X2) + E. Nilai Adjusted R Square diperoleh sebesar 0,430 atau sebesar 43%, berarti 43% pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, sisanya 57% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara stimulan pemanfaatan sumber belajar perpustakaan berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, pengetahuan teori musik berpengaruh positif signifikan. Menunjukkan variabel pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan pengetahuan teori musik mempengaruhi sebanyak 43% terhadap hasil belajar teori musik.

Kata kunci: Sumber belajar, bermain alat musik organ.


Full Text:

PDF

References


Anni Chatarina Tri. 2006. Psikologi Belajar.Semarang: UPT UNNES Press.

Bafadal, Ibrahim. 2006. Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Miarso, Yusuf Hadi. 2000. Makalah pusat sumber belajar. Jakarta: Rajawali.

Nakagawa, Shin. 2000. Musik dan Kosmos: sebuah pengantar Etnomusikologi. Jakarta: yayasan obor.

Sardiman, A.M. 2004. Intraksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Raja Grapindo Perkasa.

Soemanto, Wasty.2003. Psikologi pendidikan. Malang: Rhineka Cipta

Sunarto. 2002. Perkembangan Peserta didik. Jakarta Rhineka Cipta.

Sutarno. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Syariffuddin dan Iwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Ciputat Quantum Teaching.

Tampubolon, Intan. 2009. Teori dasar musik I-II, Bahan kuliah. Medan: Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Unimed.

Simamora, Lince RT. 2006. Hubungan penguasaan teori musik dan frekuensi latihan dengan kemampuan bermain saksofon siswa SMKN 11 Medan. Tesis. Medan. Pascasarjana Unimed




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v3i2.133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id