ANALISIS PENGEMBANGAN VARIASI MENGAJAR GURU SEKOLAH MINGGU

Hisardo Sitorus

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan variasi mengajar guru sekolah minggu. Penelitian ini dilakukan di GKPI Lumban Inaina Resort Siborongborong Wilayah Humbang Tahun 2017. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Responden penelitian ini adalah guru sekolah minggu berjumlah 40 Orang. Melalui hasil perhitungan akumulasi setiap Indikator yang telah diperoleh dari lapangan: 1. Variasi suara dan sikap guru sejumlah 42,97222 masuk dalam kategori cukup. 2. Variasi media dan bahan sejumlah 49,65789 dalam kategori cukup. 3 Variasi interaksi sejumlah 52,46154 dalam kategori cukup. Berdasarkan pembahasan hasil maka hipotesa dirumuskan melalui penelitian bahwa terdapat variasi mengajar guru sekolah minggu masih dalam kategori cukup. Artinya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya guru sekolah minggu masih memprihatinkan untuk itu perlu diberikan pengetahuan tentang penguasaan variasi mengajar yang mencakup: bagaimana seharusnya variasi suara dan sikap guru mengajar yang lebih baik? apa media dan bahan yang harus diperlukan? dan bagaimana menerapkan variasi interaksi sehingga masuk dalam kategori kuat atau sangat kuat?

Kata-kata kunci: Mengajar Guru, Sekolah Minggu


Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta:PT Rineka Cipta

Aunurrahman.2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Chalke Steve. 2009. Kiat Menjadikan Anak Anda Sukses dan Bahagia, Yogyakarta:

Andi

Fatturohman Pupuh. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Refika Aditama

Iris V. Cully, 2006. Dinamika Pendidikan Kristen, terj. P. Siahaan & Stephen Suleeman, Jakarta, BPK Gunung Mulia.

Laheba, Novelina.2007. Guruku Sahabatku,

Yogjakarta: Andi

Leo, Susanto. 2008. Kiat Sukses Mengelola dan Mengajar Sekolah Minggu, Yogjakarta:

Andi

Lie, Paulus. 2003. Teknik Kreatif dan Terpadu Dalam Mengajar Sekolah Minggu,Yogjakarta: Andi.

Mary Go Setiawani, 2005. Pembaruan Mengajar, Bandung, Yayasan Kalam Hidup

Nicolas P. Woltrerstroff, 2007. Mendidik Untuk Kehidupan: Refleksi Mengenai Pengajaran dan Pembelajaran Kristen, terj. Lana Asali, Surabaya, Momentum.

Peterson Lindi. 2004. Bagaimana Memotivasi Anak Belajar. Jakarta:

Grasindo

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain.(2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sambas. Muhidin dan Maman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian, Bandung: Pustaka Setia

Sardiman A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar. Depok : PT Raja Grafindo Persada

Sasmoko. 2005. Metode Penelitian Pengukuran dan Analisis Data, Jakarta:Perpustakaan Nasional

Setiawan, Mary. G. 2005. Pembaruan Mengajar ,Bandung : Yayasan Kalam Hidup

Siswanto, Igrea. 2012. Anak Anda Pasti Berubah, Yogjakart: Rineka Cipta

Susana, Tjipta. 2007. Mempertimbangkan Hukuman Pada Anak, Yogyakarta: Kasinus

Tim Pustaka Familia, 2006. Menepis Hambatan Tumbuh Kembang Anak, Yogyakarta: Kasinus.

Tim Penyusun Buku dan Redaksi BPK Gunung Mulia, 2002. Memperlengkapi Bagi Pelayanan dan Pertumbuhan: Kumpulan Karangan Pendidikan Kristiani Dalam Rangka Penghormatan Kepada Pdt. Prof. Dr. Robert R. Boehlke, Jakarta, BPK Gunung Mulia.

Tong, Stephen. 1993. Arsitek Jiwa, Jakarta :Lembaga Reformed Injili Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v3i2.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copy Right © 2020 Jurnal Christian Humaniora