PERSEPSI SISWA KELAS X TENTANG KREATIVITAS MENGAJAR GURU PAK DALAM MENGGUNAKAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI SMA NEGERI 1 SIBORONG-BORONG KABUPATEN TAPUT TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Ronny Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong Kabupaten Taput Tahun Pembelajaran 2018/2019, dengan hipotesa> 70 % dari yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X yang berjumlah 163 orang dan sampel diambil 30 % sehingga sampel berjumlah 49 orang. Instrument penelitian berupa angket tertutup. Uji coba dilakukan dengan menggunakan teknik sample random kepada 30 siswa kelas X di luar sampel penelitian. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson diperoleh r hitung > r tabel (0,05.30) yaitu berada diantara 0,424 s/d 0,728 > 0,361 dengan demikian instrumen dikategorikan valid. Dan uji reliabilitas instrument dengan rumus Formula Alpha diperoleh r 11 = 0.930 berada pada kategori sangat tinggi, dengan demikian instrument reliabel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong = 77.01 % berada pada kategori baik, artinya siswa sudah memahami dengan baik Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK. Hasil analisis indikator berada pada kategori baik, setiap item angket menunjukkan bahwa hasil persepsinya pada umumnya sudah berada pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung dengan t tabel = 5,651 > t tabel = 1,684, maka disimpulkan bahwa Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong > 70 % diterima kebenarannya.

Kata Kunci: Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK


Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh.2013. Desain Bealajar Mengajar Kreatif. Yogyakarta: DIVA Pres.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Spikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Brotosudarmo, drie. 2008. Teladan Kehidupan 2, PAK KTSP Dengan Kecerdasan Majemuk Kelas X, Yogyakarta, ANDI.

Djamarah, Syaiful bahri. 2006. Guru dan Anak Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, Kurniawan. 2012.

Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta:

Rajawali Perst.

Sanjaya, Wina. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Sugiono, 2008. Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R dan D, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v3i2.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id