Kontribusi Pertumbuhan Rohani Terhadap Hasil Belajar

Luhut Sinaga, Resteti Sarumaha, Hasahatan Hutahaean

Abstract


Penelitian ini bertujuan menemukan kontribusi pertumbuhan kerohanian terhadap peningkatan hasil belajar. Pertumbuhan rohani adalah satu aspek kehidupan yang menyeluruh dari diri seseorang yang beriman pada Tuhan. Meliputi perilaku, ucapan dan pikiran seseorang, termasuk hasil belajar. Kerohanian berhubungan dengan bagaimana cara seseorang berinteraksi dengan sesamanya. Di sisi lain siswa yang sedang belajar mempunyai keinginan untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Sedangkan secara umum, khalayak memahami bahwa untuk meningkatkan hasil belajar dibutuhkan usaha dan perhatian yang besar khususnya mempelajari subjek-subjek pelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebar angket untuk menghimpun data. Skala Likert digunakan untuk memberikan range penilaian atas hasil pengumpulan data. Hasilnya penelitian menunjukkan adanya kontribusi pertumbuhan kerohanian terahadap hasil belajar. Karena itu hipotesis adanya kontribusi yang berarti antara pertumbuhan kerohanian terhadap hasil belajar PAK siswa diterima. Karena itu diharapkan adanya sinergi antara Guru-Sekolah-Gereja-Orangtua untuk menopang pertumbuhan rohani siswa secara berkesinambungan. Sebab upaya yang parsial memberikan hasil belajar yang tidak memuaskan

Keywords


hasil belajar; Gereja-Guru; pertumbuhan rohani; Gereja-Orangtua; Guru-Orangtua

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta (Revisi). PT. Rineka Cipta.

Braga, A. A., Hureau, D. M., & Papachristos, A. V. (2012). An Ex Post Facto Evaluation Framework for Place-Based Police Interventions. Evaluation Review, 35(6), 592–626. https://doi.org/10.1177/0193841X11433827

Budijanto, B. (2018). Spiritualitas Generasi Muda dan Gereja. In Budijanto (Ed.), Dinamika Spiritualitas Generasi Muda Kristen Indonesia (pp. 21–58). Bilangan Research Center.

Cipta Jaya, B. (2008). Kriteria ketuntasan minimal (KKM) SMA/MA (T. E. Cipta Jaya (ed.)). BP Cipta Jaya.

Graham, B. (2018). Pedoman Pelayanan Kristen. Scripture Union Indonesia.

Henry, M. (n.d.). Matthew Henry Commentary.

Hutahaean, H. (2020). Tantangan Teologi Agama-agama: Suatu Diskursus Model. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 6(2), 255–270. https://doi.org/https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.136

Hutahaean, H., Gea, E., & Simarmata, A. (2020). Membaca Dan Memaknai Mazmur Ratapan 12 Dengan Metode Baca Gali Alkitab. Manna Rafflesia, 7(1), 135–157. https://doi.org/10.38091/man_raf.v7i1.132

Mangis, M. (2011). Dosa Ciri Diri. Waskita Publishing.

Marpaung, A. M. (2017). Kajian Teologis Tentang Rahasia Allah Berdasarkan Efesus 3:1-6. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 1(2), 155–161. https://doi.org/10.46445/ejti.v1i2.72

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Parhusip, B., Hutahaean, H., & Theresia, E. (2020). Penerapan Model Think-Pair and Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAK pada Siswa SMP. Didache Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 117–140. https://doi.org/https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.349

Rukmini, E. (2008). Deskripsi Singkat Revisi Taksonomi Bloom. MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN, 4(2), 1–11.

Sahartian, S. (2019). Pengaruh Pembinaan Rohani Keluarga Terhadap Karakter Pemuda Berdasarkan Kolose 2: 6-10 Di GBAP Surakarta. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 20–39. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.30

Saly, J. S., & Hutahaean, H. (2020). PENGARUH KHOTBAH DALAM IBADAH MINGGU TERHADAP KEDEWASAAN IMAN JEMAAT DI GKSI MERAUKE. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 225–243. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i2.165

Samarenna, D. (2017). Analisis 1 Korintus 14:2-6 Tentang Karunia Berbahasa Roh dan Bernubuat. DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.30648/dun.v2i1.128

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran Edisi Pertama. In Prenada Media Group. Prenada Media Group.

Saragih, E. S. (2019). POLA MENDIDIK DI SINAGOGA DALAM TRADISI ISRAEL DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Jurnal Christian Humaiora (JCH), 3(2), 84–95. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/jch.v3i2

Sendjaja, H. M. (2018). Sumbangan Athanasius dari Aleksandria dalam Pembentukan Ajaran Trinitas. GEMA TEOLOGIKA, 3(1), 71–84. https://doi.org/10.21460/gema.2018.31.364

Siringoringo, J., Tarigan, T. P. E., & Pane, C. L. (2020). Pengaruh Kecakapan Mengajar Guru PAK Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Didache Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 187–204. https://doi.org/https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.353

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. AlfaBeta.

Triyono. (2018). Teknik Sampling Dalam Penelitian Sosial. In Lokakarya Penelitian Sosial Fakultas Adab (XI; Maret). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19674.24003

Webber, R. E. (1999). Ancient-future faith : rethinking evangelicalism for a postmodern world. Baker Books.

Zuendel, F. (2011). The Awakening; Pertempuran Melawan Kegelapan. Waskita Publishing.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id