IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW OLEH GURU PAK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SIPOHOLON KECAMATAN SIPOHOLON T.P 2017/2018

Tianggur Medi Napitupulu

Abstract


This study was aimed to investigate the implementation of Jigsaw Cooperative Learning Model applied by Christian religious education teachers in improving grade 7 students’ learning creativity at SMP 3 Sipoholon. The participants were 23 junior high school students. Observation sheet was used to collect data. The following data analysis was conducted, namely data reduction, data exposure, and conclusion. The result of study revealed that students’ learning creativity has increased in the first cycle, reached 26.96%. It was applied 64% of the expected and was in the sufficient category. In the second cycle, students’ learning creativity reached 64.35% and had increased 37.39%. it was applied 80% of the expected and was in the strong category. Finally, students’ learning creativity in the third cycle reached 80,87% and had increased 16.52%. It was applied 96% of the expected and was in the stronger category. Therefore, it can be concluded that the implementation of the Jigsaw Cooperative Learning Model can improve the creativity of Christian religious education learning among junior high school students.

BAHASA INDONESIA ABSTRACT: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw oleh Guru PAK Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sipoholon. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 23 siswa, dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif jigsaw. Dalam pengambilan data, teknik yang digunakan adalah lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Dari data hasil observasi menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I kreativitas belajar siswa mencapai 26,96%, pada siklus II kreativitas belajar siswa mencapai 64,35% mengalami peningkatan 37,39%, dan pada siklus III kreativitas belajar siswa mencapai 80,87% mengalami peningkatan sebesar 16,52%. Untuk penerapan model pembelajaran jigsaw yang diterapkan oleh guru PAK mengalami peningkatan. Pada siklus I diterapkan 64% dari yang diharapkan dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II diterapkan 80% dari yang diharapkan dan berada pada kategori kuat. Pada siklus III diterapkan 96% dari yang diharapkan dan berada pada kategori kuat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw oleh guru PAK dapat meningkatkan kreativitas belajar Pendidikan Agama Kristen di kelas VII SMP Negeri Negeri 3 Sipoholon, Kecamatan Sipoholon T.P 2017/2018 dan mencapai 70-90% dari yang diharapkan.

Keywords: Cooperative jigsaw learning model; student learning creativity; students


Full Text:

PDF

References


Agus Sujanto, Psikologi Umum Jakarta: Bumi Aksara. Alkitab. 2002. LAI. Jakarta.

Boehlke, R. Robert. 1990. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen : dari Plato sampai IG. Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Khairani. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kristanto. 2006. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Andi.

Kunandar.2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kunandar.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Grafindo Persada

Nainggolan, M. Jhon. 2010. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi. Bandung: Anggota IKAPI Jabar.

Muhibbin, Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution.2009. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadarminta, W.J.S. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

________.2009. Strategi Pembelajaran.

Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silitonga, SAM. 2009. Missiologi, Alkitabiah dan Pendidikan. Medan: CV. Cipta Sarana Mandiri.

Slameto. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v3i1.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copy Right © 2020 Jurnal Christian Humaniora