Pembinaan Guru Sekolah Minggu dalam Menghadapi Tantangan Internal dan Eksternal di Era Digital

Melati Mediana Tobing

Abstract


Sekolah Minggu merupakan salah satu bagian penting dari gereja, terutama untuk membentuk karakter anak-anak agar menjadi pribadi yang beriman dan bertanggung jawab. Artikel ini merupakan luaran dari kegiatan yang dilakukan terhadap guru-guru Sekolah Minggu HKBP Rawamangun di Jakarta. Meski memiliki kemudahan mengakses internet karena berada di kota besar, namun para guru harus menghadapi tuntutan agar terampil berkomunikasi di era digital. Untuk itu, kegiatan PKM dilakukan dengan metode tiga tahap, yaitu: pendidikan masyarakat, diskusi kelompok, serta evaluasi. Diskusi kelompok menjadi metode yang efektif dalam proses interaktif antar peserta. Diskusi kelompok mendorong peserta dalam kelompok merumuskan permasalahan internal dan eksternal sekolah minggu terkait penggunaan media konvensional dan media digital, yang kemudian dikelola oleh narasumber bersama kelompok lainnya. Setiap peserta terlibat aktif dalam memberikan informasi terkait permasalahan yang mereka hadapi, lalu dijadikan permasalahan yang harus diselesaikan dalam diskusi antarkelompok.

Keywords


guru sekolah minggu; tantangan internal; tantangan eksternal; era digital

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik DKI Jakarta. (2023). Statistik Ekonomi Digital DKI Jakarta 2023.

Database Keanggotaan HKBP Pusat. (2023). Laporan Statistik Jemaat HKBP 2023.

Departemen Pembinaan HKBP. (2023). Jurnal Pembinaan HKBP Vol. 15: Transformasi Digital dalam Pelayanan Gereja.

HKBP Distrik DKI Jakarta. (2023). Laporan Tahunan Pelayanan Kategorial 2023.

HKBP Jakarta. (2023). Laporan Tahunan Pelayanan HKBP Jakarta 2023. Jakarta: Kantor Pusat HKBP Jakarta.

HKBP. (2023). Laporan Tahunan Pembinaan Guru Sekolah Minggu HKBP Jakarta.

Hutabarat, L. (2020). Kompetensi Digital Guru dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus pada Guru Agama. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 78-92.

Hutahaean, H. (2021). Digitalisasi Pelayanan Gereja: Studi Kasus pada Gereja HKBP di Perkotaan. Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani, 5(1), 1-15.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2023). Laporan Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2023.

Lembaga Penelitian dan Pengembangan HKBP. (2023). Studi Evaluatif Implementasi Teknologi Digital dalam Pelayanan Sekolah Minggu.

Liliweri, Alo. (2021). Komunikasi Antarbudaya: Definisi dan Model. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Panjaitan, Binur. (2022). Pelayanan Kategorial HKBP di Era Digital. Jakarta: Penerbit HKBP Press.

Panjaitan, L. M., Sianipar, G. J. K., & Aritonang, J. S. (2020). Tantangan dan Peluang Gereja Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teologi Cultivation, 4(1), 60-71.

Purba, J. T., & Pandia, M. G. (2020). Rekonstruksi Manajemen Pendidikan Sekolah Minggu di Era Revolusi Industri 4.0. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(1), 84-98.

Rohmah, N. (2019). Tantangan Manajemen Waktu di Era Digital: Studi Kasus pada Pendidik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 112-125.

Setiawan, D., & Santoso, B. (2021). Tantangan Komunikasi Organisasi Gereja di Era Digital. Jurnal Komunikasi, 13(1), 81-92.

Simanjuntak, B. (2019). Dinamika Pelayanan Sekolah Minggu di HKBP. Jurnal Studi Gereja, 8(1), 40-55.

Simatupang, M. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru Sekolah Minggu. Jurnal Pendidikan Kristen, 12(3), 85-98.

Sinaga, M. (2024). Buku Panduan Bahan Ajar Sekolah Minggu HKBP (Edisi JUli-Desember 2024). Tarutung: HKBP .

Sitompul, Daniel. (2023). Pendidikan Kristen di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Medan: Institut Teologi HKBP.

Situmorang, J. R. (2020). Karakteristik Pembelajaran Generasi Digital Native: Tantangan bagi Pendidik Kontemporer. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 178-192.

Tampubolon, D. (2021). Strategi Meningkatkan Engagement dalam Pembelajaran Agama di Era Atensi Pendek. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 110-125

Tampubolon, Maria. (2023). "Analisis Kebutuhan Pembelajaran Digital dalam Sekolah Minggu HKBP". Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 8(1), 78-95.

Tampubolon, S. (2020). Generasi dan Teknologi dalam Pelayanan HKBP. Jurnal Studi Gereja dan Masyarakat, 10(4), 65-80.

Tim Peneliti HKBP. (2023). "Komunikasi Pelayanan Gereja: Studi Multi-Tahun 2020-2023". Laporan Penelitian HKBP, Jakarta.

Tobing, M. M. (2024). Literasi Anti Hoaks dan Sosialisasi Pelaksanaan Pemilu 2024 pada Generasi Z melalui Webinar. Jurnal ComunitA Servizio, 267-277.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v8i2.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com