Berita Keselamatan dan Pengenapannya Dalam Diri Yesus Kristus

Eli Adil Telaumbanua

Abstract


Memahami doktrin keselamatan menentukan pandangan dan kehidupan setiap orang. Doktrin keselamatan perlu dipahami karena merupakan doktrin penting dalam pengajaran Kristen. Untuk memahami keselamatan membutuhkan interprestasi yang benar akan nilai-nilai pengajaran Firman Tuhan. Seluruh berita Injil tidak lain adalah berita keselamatan orang berdosa melalui penebusan darah Kristus. Penelitian ini berjudul keselamatan dan pengenapannya dalam diri Yesus  Kristus, mencoba membahas  bagaimana usaha manusia dan inisiatif Allah supaya manusia selamat dari ikatan, belenggu kehidupan, yang membuat manusia cemas, frustasi dan menderita berbagai-bagai tekanan jiwa dan mental, terlebih  yang diakibatkan oleh dosa, pelanggaran dan pemberontakan terhadap kewibawaan Allah. Keselamatan itu apa, apakah keselamatan adalah hasil dari upaya manusia dan bagaimana orang mencapai keselamatannya? Untuk mengkaji penelitian ini, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan fokus kajian pustaka. Mengkaji pandangan keselamatan secara umum dan tidak menggunakan statis namun dengan menonjolkan kualitas atau kedalaman dari data yang diperoleh dari sumber yang berhubungan dengan penelitian. Dengan hasil; segala usaha manusia untuk memperoleh keselamatan sia-sia karena mereka berasal dari dalam dunia dan sama-sama orang berdosa. Keselamatan adalah inisiatif Allah yang digenapi dengan kedatangan Yesus Kristus Anak Allah sebagai “perantara” atau “mediator” antara Allah dan manusia.

Full Text:

PDF

References


Universitas Gadjah Mada. Agama, Budaya Dan Bencana. Edited by gus Indiyanto dan Arqom Kuswanjono. Yogyakarta,: Mizan Kronik Zaman Baru, 2000.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Ke-14. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2020.

Arrington, French L. Doktrin Kristen Persepektif Pentakosta. Edited by Gernaida Krisna Pakpahan. Ke-6. Yogyakarta,: Penerbit ANDI, 2020.

Ayatullah Humaeni. Sesajen: Menelusuri Makna Dan Akar Tradisi Sesajen Masyarakat Muslim Banten Dan Masyarakat Hindu Bali. Edited by Ayatullah Humaeni. Banten: LP2M UIN SMH Banten, 2021.

Barus, Rodenita Br, and Lukas Bali Ate. “ANALISA TEKS ‘TETAPLAH KERJAKAN KESELAMATANMU’ MENURUT FILIPI 2:12-13 DALAM ISU SOTERIOLOGI ‘Historis Kemunculan Penafsiran Yang Salah.’” Jurnal Shema 2, no. 1 (2022): 12–13. https://jurnal.sttii-purwokerto.ac.id/index.php/shema/article/view/18.

Damanik, Jon Mister R. “Pengaruh Ajaran Gnostik Dalam Kekristenan Ditinjau Dari Perspektif Sejarah Gereja.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 2, no. 1 (2020): 15–23.

Faot, Agustinus, Jonathan Octavianus, and Juanda Juanda. “Kematian Bukan Akhir Dari Segalanya.” Journal Kerusso 2, no. 2 (2017): 15–30.

GP, Harianto. Teologi Misi Dari Misio Dei Menuju Mission Ecclesia. Ke-5. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.

Hulu, Elisua. “Kematian Yesus Kristus Bagi Pengampunan.” Jurnal Missio Cristo 2, no. 1 (2022): 38–58.

Inter-Versity Press. Ensiklopedi Alkitab Masa Kini. Edited by J.D DOUGLASS. Ke-Delapan. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2008.

Jan A. Boerman, Jakob P. D. Groen, Dick Mak, Rufus TH. Pos, Gerrit Riemer, Henk Venema. Berteologi Abda XXI. Edited by Yoel M. Indrasono Jan A.Boersema, Henk Venema. Ke-Dua. Jakarta: Literatur Perrkantas, 2018.

Jan A. Boersema, Jakob P.D. Groen, Dick Mak, Rufus.Th. Pos, Gerrit Riemer, Henk Venema. Berteologi Abad XXI. Edited by Henk Venema dan Yoel M.Indrasmono Jan A. Boersema. Ke-Dua. Jakarta: Literatur Perkantas, 2018.

Manurung, Pangeran. “Identitas Keturunan Perempuan Dalam Kejadian 3:15 Dalam Studi Soteriologi.” Journal KERUSSO 5, no. 2 (2020): 24–51.

MGR.ANDRIANUS SUNARKO OFM. KRISTOLOGI TINJAUAN HISTORIS - SISTEMATIK. PERTAMA. Jakarta: PENERBIT OBOR, 2017.

Nyarwi, Ahmat. Cara Cepat Menulis Tesis Dan Desertasi Yang Menarik Dan Berkualitas. Yogyakarta: Nas Media Pustaka, 2022.

Putri, Agustin Soewitomo. “Konsistensi Konsep Keselamatan Adalah Anugerah Dalam Masa Intertestamental.” MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 2, no. 1 (2020): 1–12.

Qudsy, Saifuddin Zuhri. MAKNA KESELAMATAN DALAM PERSPEKTIF AGAMA-AGAMA Muhammad SAW, Sang Nahkoda. Makna Keselamatan Dalam Perspektif Agama-Agama, 2014.

Randa, Federans. “Karya Keselamatan Allah Dalam Yesus Kristus Sebagai Jaminan Manusia Bebas Dari Hukuman Kekal Allah.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 3, no. 1 (2020): 35–62.

Samarenna, Desti. “Konsep Soteriologi Menurut Efesus 2:1-10.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 2 (2019): 247–264.

SAMUEL M. ZWEMER. KEMULIAAN SALIB. Jakarta: YAYASAN KOMUNIKASIH BINA KASIH, 2008.

Schreiner, Thomas R. New Testament Theology. Ke-Lima. Yogyakarta,: Penerbit Andi, 2019.

Setiawan, David Eko. “Refleksi Pastoral Terhadap Konsep Keselamatan Dalam Universalisme Ditinjau Dari Soteriologi Kristen.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 250–269.

Setiawan, Hanny. “Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia.” Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 1, no. 1 (2021): 65–77.

Simanjuntak, Ramses. “Peranan Roh Kudus Dalam Pertumbuhan Iman Orang Percaya Dan Penerapannya Dalam Kelas Pendidikan Agama Kristen.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 2, no. 1 (2019): 117–143.

Situmorang, Jonar T.H. Soteriologi Doktrin Keselamatan. Ke-5. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2019.

Sulistya, Philipus Pada. “Konsep Keselamatan Dalam Perjanjian Lama.” Jurnal Pistis 11 (2013): 45–55. https://osf.io/zt65f/download/?format=pdf.

Suseno, Frans Magnis -. Menalar Tuhan. Ke-Sebelas. Yogyakarta: PT Kasinius, 2017.

Suwito, Tri Prapto, and Yosep Belay Simanjuntak, Ferry. “The Inerrancy of the Bible and the History of Salvation in Christianity,” no. 02 (n.d.): 268–276.

Tinggi, Sekolah, and Teologi Jaffray. “Aya Susanti ABSTRACT : Salvation in the Concept of the Apostle Paul Is Very Worthy to Be ABSTRAK : Key Words : Kata Kunci : Kajian . Dalam Menghadapi Perkembangan Teologi , Berkembang Berbagai Macam Teologi Baik Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah” 1, no. 1 (2019): 15–28.

Wijaya, Candra, and A Latar Belakang. “48-82-1-Sm” (n.d.): 82–92.

Wijoyo, Sigit. “KAPATA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kemuliaan Karya Keselamatan Allah Tritunggal : Studi Eksposisi Efesus 1 : 3-14” 1 (2020): 40–50.

william W. Menzies, Stanley M. Horton. Doktrin Alkitab. Ke-5. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2019.

Zebua, Kasieli, and Melianus Hura. “Sebuah Refleksi Misi Berdasarkan Pemikiran Abraham Kuyper.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2022): 1–12.

“Mengosongkan Diri Sebelum Pergi | Santapan Rohani,” n.d. https://santapanrohani.org/article/mengosongkan-diri-sebelum-pergi/.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v6i2.2270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com