Implementasi Metode Pembelajaran TIK Bagi Pendidik Mata Pelajaran PAK dan Pengaruhnya Kepada Prestasi Belajar Siswa

Meri Viktoria Boling, Sandra Rosiana Tapilaha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi metode pembelajaran TIK bagi pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) serta dampaknya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan pendidik PAK dan siswa sebagai partisipan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TIK dalam pembelajaran PAK, seperti multimedia, e-learning, dan aplikasi mobile, dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi akses ke sumber daya pembelajaran yang lebih luas, dan meningkatkan keterampilan digital siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa implementasi metode pembelajaran TIK dalam PAK berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa, termasuk pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, dan motivasi belajar. Namun, tantangan yang diidentifikasi meliputi keterbatasan infrastruktur TIK yang memadai dan kurangnya pengetahuan serta keterampilan TIK dari pendidik. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pelatihan dan dukungan yang memadai bagi pendidik untuk mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran PAK. Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi pendidik dan lembaga pendidikan untuk memanfaatkan TIK secara optimal dalam pembelajaran PAK dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Keywords


Metode; Pembelajaran TIK; PAK; Siswa

Full Text:

PDF

References


Ajizah, I. “Urgensi Teknologi Pendidikan: Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.”.” Jurnal Istighna 4, no. 1 (2019): 25–36.

Ariesto Hadi Sutopo. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,. Yogyakarta: Grha Ilmu, 2012.

Arozatulo Telaumbanua. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” URNAL FIDEI 1, no. 2 (2018): 222.

Dien Sumiyatiningsih. Mengajar Dengan Kreatif Dan Menarik,. Yogyakarta: Andi, 2006.

Ertmer, P. A. “Teacher Pedagogical Beliefs: The Final Frontier in Our Quest for Technology Integration?.” Educational Technology Research and Development 53, no. 4 (2005): 25–39.

Goktas, Y., Yildirim, S., & Yildirim, Z. “Main Barriers and Possible Enablers of ICTs Integration into Pre-Service Teacher Education Programs.” Educational Technology & Society, 12, no. 1 (2009): 193–204.

Imeldawati, Tiur, Nurmiati Marbun, and Eka Nurlela Nainggolan. “Strategi Pembelajaran PAK Anak Di Era Digital Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak Dalam Jemaat RPCC Cambridge Medan.” Kerugma: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2023): 63–90.

Imeldawati, Tiur, Binur Panjaitan, and Warseto Freddy Sihombing. “Pendidikan Agama Kristen Di Masa Lalu-Masa Kini Dan Pada Persfektif Masa Depan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 13605–13614.

Kozma, R. B. “Technology and Classroom Practices: An International Study.” Journal of Research on Technology in Education, 36, no. 1 (2003): 1–14.

Ndruru, Emanuel Kristinus. “Mengimitasi Kepemimpinan Yang Berkualitas Berdasarkan Yosua 1:1-18.”.” Coram Mundo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2023): 51–62.

Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kelima. Jakarta: Balai Pustaka, n.d. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. JAKARTA: Raja Grafindo Persada, 2007.

Sihombing, Andrianus Nababan dan Warseto Freddy. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5 No. 1 (2021): 116–124.

Sihombing, Warseto Freddy, and Antonius Seri. “Membangun Teologi Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Lokal.” Jurnal Teruna Bhakti 5, no. 1 (2022): 126–135. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/download/70/86.

Sutrisno. Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. JAKARTA: Gaung Persada, 2011.

Syaiful Bahri Djamarah. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. JAKARTA: PT. Renika Cipta, 2005.

Uen, A. H., & Ma, W. W. “Exploring Teacher Acceptance of E-Learning Technology.” Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 36, no. 3 (n.d.): 229-243.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v7i1.2246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com