Peran Roh Kudus Dalam Penginjilan Dari Perspektif Alkitab

Erwin Erwin, Agustinus Mangngi, Yosin R. P. Jabu

Abstract


Pelayanan adalah tugas setiap orang percaya, termasuk pelayanan Injil. Dalam pelayanan, orang percaya bekerja tidak sendirian, tetapi dengan kuasa Roh Kudus. Alkitab menjelaskan bahwa Roh Kudus memberdayakan setiap orang untuk bersaksi di mana pun di bumi. Gambaran masalah dalam tulisan ini adalah bagaimana pemahaman alkitabiah tentang peran Roh Kudus dalam pelayanan penginjilan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklarifikasi pemahaman alkitabiah tentang peran Roh Kudus dalam pekerjaan penginjilan. Metode penulis adalah melakukan penelitian kepustakaan melalui sumber-sumber buku dan jurnal-jurnal teologi, yang telah disusun menjadi deskripsi yang baik.Hasil dan kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa Alkitab menegaskan bahwa Roh Kudus memiliki peran penting dalam pekerjaan penginjilan, dalam memberdayakan orang percaya. Ada tiga cara Allah menggunakan pelayanan Roh Kudus, khususnya dalam penginjilan alkitabiah. Pertama, Allah menggunakan tindakan Roh Kudus melalui Firman-Nya atau Alkitab. Kedua, Tuhan menggunakan pelayanan Roh Kudus melalui kesaksian orang percaya. Ketiga, Allah juga secara langsung menggunakan pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya untuk pertobatan dan penerimaan Kristus.


Keywords


perspektif alkitab; penginjilan; peran Roh Kudus

Full Text:

PDF

References


A.S Hadiwiyata. Tafsir Injil Yohanes. Yogyakarta: Kanisius, 2008.

Adolfina Elisabeth Koamesakh. “‘Logos Dan Sophia Dalam Perjanjian Baru,.’” SOTIRIA (Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani) 2, no. 2 (n.d.): 69–78.

Asih Rachmani Endang Sumiwi. ““Peran Roh Kudus Dalam Kehidupan Orang Percaya Masa Kini.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 1 (2020): 69–78.

Benny Hinn. Selamat Datang Roh Kudus. Jakarta: Imanuel Publishing House, 2004.

Brian J. Bailey. Roh Kudus Sang Penghibur. Jakarta: Nafiri Gabriel, 1997.

Chris Marantika. Kepercayaan Dan Kehidupan Kehidupan Kristen, 2nd Ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988.

Daniel Sutoyo. “Peran Roh Kudus Dalam Pemberitaan Injil.” Antusias 1, no. 3 (2011): 17–26.

Djuwansah Suhendro P. Stephanus. “Mengajarkan Penginjilan Sebagai Gaya Hidup Orang Percaya,.” REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1, no. 2 (2019): 13.

Erastus Sabdono. Makna Sejati Pentakosta. Jakarta: Rehobot Literature, 2019.

G.C. Van NiFtrik and B.J Boland. Dogmatika Masa Kini. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Hannas dan Rinawaty. “Menerapkan Model Penginjilan Pada Masa Kini,.” KURIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 5, no. 2 (n.d.): 187–188.

Hasan Santoso. Perjanjian Baru Interlinear Yunani-Indonesia Dan Konkordansi Perjanjian Baru II. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2003.

James Montgomery Boice. Dasar-Dasar Iman Kristen. Surabaya: Momentum, 2015.

Kalis Stevanus. “Mengimplementasikan Pelayanan Yesus Dalam Konteks Misi Masa Kini Menurut Injil Sinoptik.” Fidei: Jurnal Teologi

Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (n.d.): 285–286.

Millad J. Erickson. Teologia Kristen. malang: Gadum Mas, 2018.

Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kelima. Jakarta: Balai Pustaka, n.d. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Sihombing, Warseto Freddy, Seri Antonius, Sabar Rudi Sitompul, and Enjela Estefani Manurung. “Siapa Dan Apa Misi Yesus : Suatu Interpretasi Teologi Misi Dari Dialog Yesus Dan Nikodemus Dalam Yohanes 3:1-21.” Tepian Jurnal Misiologi Dan Komunikasi Kristen 2, no. 1 (2022): 1–15.

Stanley M. Horton. Oknum Roh Kudus. malang: Gadum Mas, 2001.

Tarigan, Warseto Freddy Sihombing dan Iwan Setiawan. “Sign and Its Significance in John’s Gospel.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat Vol. 6, no. 1 (2022): 59–69.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v7i1.2245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com