Pengaruh Guru PAK Dalam Bimbingan Konseling Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kristen

Yuli Santina, Sandra Rosiana Tapilaha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam bimbingan konseling terhadap pembentukan karakter peserta didik Kristen. Pembentukan karakter dalam konteks pendidikan agama Kristen memiliki peran yang penting dalam mengembangkan sikap, perilaku, dan nilai-nilai Kristen pada peserta didik. Guru PAK memiliki tanggung jawab untuk membimbing dan memberikan konseling kepada peserta didik dalam hal ini. Penelitian ini melibatkan analisis literatur yang menggali pengaruh guru PAK dalam membentuk karakter peserta didik Kristen melalui nilai-nilai Kristen, pemahaman agama, dan praktik spiritual dalam bimbingan konseling. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi sejauh mana penerapan nilai-nilai Kristen dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dapat dipengaruhi oleh bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru PAK. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai peran penting guru PAK dalam membentuk karakter peserta didik Kristen serta memberikan panduan yang lebih efektif dalam implementasi bimbingan konseling yang berorientasi pada pembentukan karakter Kristen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan manfaat bagi para pendidik dan praktisi pendidikan agama Kristen dalam upaya membentuk karakter peserta didik Kristen yang kokoh dan berkualitas.


Keywords


Guru PAK; Bimbingan Konseling; Karakter; Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. Bimbingan Dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak. JAKARTA: Prenadamedia Group, 2012.

Albertus, Doni Koesoema. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. JAKARTA: PT. Grasindo, 2010.

Arifianto, Yonatan Alex. “And Asih Sumiwi Rachmani. 2020. ‘Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.’” Jurnal Diegesis 3, no. 1 (n.d.): 1–12.

———. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” Regula Fidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 12–24.

C. D. Schmidt. “The Role of Christian Educators in Shaping Character,.” Christian Education Journal, 12, no. 1 (2016): 28–41.

Dewa Ketut Sukardi. Proses Bimbingan Dan Penyuluhan Di Sekolah. JAKARTA: PT Rineka Cipta, 1995.

Dharma Kesuma. “Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah,” 2, no. 1 (n.d.): 238.

Fajri, Em Zul & Senja, Ratu Aprilia. “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.” Difa Publisher (2010): 377.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2011.

Imeldawati, Tiur. “Guru PAK Sebagai Desainer Pendidikan.” Kerugma: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2020): 32–49.

Imeldawati, Tiur, Nurmiati Marbun, and Eka Nurlela Nainggolan. “Strategi Pembelajaran PAK Anak Di Era Digital Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak Dalam Jemaat RPCC Cambridge Medan.” Kerugma: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2023): 63–90.

Khan, Yahya. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010.

Lickona, Thomas, and Mathew Davidson. Character Quotations: Activities That Build Character and Community. San Clemente: Kagan Publishing, 2004.

Lickona, Thomas. Educating For Character: How Are School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1992.

Muchdarsya Sinungan. Produktifitas Apa Dan Bagaimana. JAKARTA: Bumi Aksara, 1987.

Muchlas Samani & Hariyanto. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

N.K Singh dan Mr. A.R. Agwan. Encyclopedia. New Delhi: Balaji Offet, 2000.

Pendidikan, Guru, and Agama Kristen. “Dimensi Spiritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Dimensions of Spirituality in Personality Competencies Christian Religious Teacher.” (2020): 13–25.

S. D. Dinkler. “The Impact of Christian School Guidance and Counseling Programs on Student Development.” . Journal of Research on Christian Education 24, no. 3 (2015): 239–259.

Samani, Muchlas, and Hariyanto. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Sihombing, Andrianus Nababan dan Warseto Freddy. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5 No. 1 (2021): 116–124.

Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak. JAKARTA: Bumi Aksara, 2006.

Sri Lestari. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai Dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. JAKARTA: Kencana, 2013.

Wijanarko, Jarot. Mendidik Anak Nilai Hidup Integritas Karakter. JAKARTA: Suara Pemulihan, 2008.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v7i1.2244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com