Penerapan Field Trip Pada Mata Kuliah Peminatan Usaha Perhotelan: Studi Persepsi Mahasiswa Prodi Pariwisata Budaya dan Keagamaan

Yulia K.S Sitepu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang penerapan field trip pada mata kuliah Peminatan Usaha Perhotelan di Semester VI TA. 2022/2023 yang berjumlah 44 mahasiswa pada Prodi Pariwisata Budaya dan Keagamaan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Kristen IAKN Tarutung. Berdasarkan hasil survey diketahui bahwa penerapan fieldtrip cukup bermanfaat untuk diterapkan pada mata kuliah Peminatan Usaha Perhotelan. Selanjutnya dapat dipertimbangkan kembali tentang penerapannya.

Keywords


fieldtrip; perhotelan; pariwisata

Full Text:

PDF

References


Djamarah. Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta

Ibrahim, Yusuf, Riandi, Hertien Koebandiah Surtikanti. PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGEMBANGAN PROGRAMKULIAH LAPANGAN TERPADU (INTEGRATED FIELD TRIP). Biosfer, J.Bio. & Pend.Bio. Vol.1, No.1, Desember 2016. e-ISSN: 2549-0486.

Kusmayadi. 2004. Statistika Pariwisata Deskriptif. Jakarta: Gramedia.

Nusi, Kurniati. 2000. PENERAPAN METODE FIELD TRIP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SD INPRES 2 TANAMODINDI PALU. e-Jurnal Bahasantodea, Volume 4 Nomor 2, April 2016 hlm 79-88.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Singarimbun, Masri. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Widiyanto, Bayu Widiyanto. 2017. Penerapan Metode Field trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah. Cakrawala Jurnal Pendidikan Volume 11, Nomor 2 (2017)

Yamin, Moh. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran: Konsepsi, Strategi dan Praktik Belajar Yang Membangun Karakter. Malang: Madani

Yulianti, Tika; Nana Kariada Tri Martuti. 2014. Efektivitas Penerapan Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun II No.2.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v7i1.2203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com