IMPLEMENTASI BAPTISAN TUNGGAL PADA MATAKULIAH JURUSAN TEOLOGI IAKN TARUTUNG

Bernhardt Siburian

Abstract


Penelitian ini dilakukan dalam rangka penyusunan model implementasi pelaksanaan baptisan tunggal yang terdapat dalam Piagam Saling Mengakui dan Saling Menerima Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PSMSM-PGI) yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada matakuliah Jurusan Teologi STAKPN Tarutung. Penyusunan model ini dibutuhkan sebagai bagian dari perwujudan perintah Yesus Kristus tentang kesatuan umat TUHAN di dalam kematian dan kebangkitan Yesus Kristus melalui baptisan tunggal dan juga dalam bingkai pewujudnyataan salah satu program dan cita-cita Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), secara khusus tentang keesaan gereja, oikumene. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif sederhana. Temuan penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan wawancara terhadap enam orang informan (penelitian populasi). Instrumen wawancara tertutup dan terbuka diperoleh dari pengembangan rumusan Lima Dokumen Keesaan Gereja Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (Weinata Sairin [ed.], hlm. 64). Data penelitian dianalisa dengan cara penyajian data, reduksi data, pengambilan keputusan dan verifikasi atas instrumen wawancara tertutup.

Kata Kunci: baptisan, tunggal, implementasi, teologi.


Full Text:

PDF

References


Becker, Dieter, Pedoman Dogmatika, Suatu Kompendium Singkat, Jakarta: Gunung Mulia, 2009.

Jonge, Christian de, Menuju Keesaan Gereja, Sejarah, Dokumen-dokumen dan Tema-tema Gerakan Oikumenis, Jakarta: Gunung Mulia, 2003.

Koehler, Edward W. A., Summary of Christian Doctrine (King James Edition), California: Concordia, 2006.

Tim Penyusun, Buku Wisuda XVI STAKPN Tarutung Tahun Akademik 2016/2017, Tarutung: t.p., 2017.

Sairin, Weinata (ed.), Lima Dokumen Keesaan Gereja Persekutuan gereja-gereja di Indonesia (LDKG-PGI), Keputusan Sidang Raya XII PGI, Jayapura, 21-30 Oktober 1994, Jakarta: Gunung Mulia, 1996.

Sumber Internet

http://jangkahaba.blogspot.co.id/2016/07/baptisan-air. html dan juga http://www.gsja.org/2009/12/10/ pandangan-pandangan-tentang-pernikahan-perceraian/, keduanya diakses tanggal 25 April 2017, pkl. 10:26.

http://www.ekaristi.org/dokumen/dokumen.php?subaction=showfull&id=1140381976&archive=&start_from=&ucat=1&, diakses tgl. 20-04-2017; pkl. 10:26 pm.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v2i1.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copyright © 2020
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: warsetofreddy@gmail.com