HUBUNGAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR PAK SISWA

Julita Herawati P

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan pengelolaan kelas oleh guru dengan prestasi belajar PAK. Populasi penelitian 135 orang. Sampel ditentukan secara acak (random sampling) sebesar 25% dari jumlah populasi yaitu 25 % x 135 orang = 33 orang. Instrument penelitian berupa angket dan test. Dari uji hipotesa diperoleh thitung > ttabel(/2,n-2) yaitu 4,390 > 2,042. Maka diketahui terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan pengelolaan kelas oleh guru PAK dengan prestasi belajar PAK siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muara.

 

Kata Kunci : guru, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri, Syaiful. (2006). Strategi Belajar Mengajar.. Jakarta: Rineka Cipta.

Homrighausen, E.G dan Enklaar, I.H. (2008). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Iskandar, (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gunung Persada Press.

Kartono, Kartini. (1990). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Lembaga Alkitab Indonesia. Alkitab.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. (2008). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2002). Metode Statistika Edisi Revisi VI. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46965/jch.v2i2.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Copy Right © 2020 Jurnal Christian Humaniora