Upaya Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Sosial Untuk Pembentukan Karakter Siswa Kristen

Sabda Budiman, Maharin Maharin, I Putu Ayub Darmawan

Abstract


Memandang bahwa karakter adalah sifat yang dapat mempengaruhi segenap pikiran dan menghasilakn perilaku positif dan negatif, maka pembentukan karakter merupakan hal yang sangat penting. Kepentingannya adalah untuk menjadikan manusia itu bersikap baik, berperilaku sopan, dan berakhlak mulia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya mengajar guru melalui model pembelajaran Kooperatif Sosial  untuk pembentukan karakter siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya mengajar guru dalam pembentukan karakter siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Sosial. Jenis penelitian dalam penulisan karya ilmiah ini, penulis menggunakan kualitatif analisis dan studi kepustakaan. perlu ada pelayanan oleh guru dan orang tua yang berkesinambungan sehingga terbentuk karakter siswa yang baik.  Selain dari kerjasama antara guru dan orang tua untuk membangun kepribadian anak melalui pendidikan karakter, tetapi juga beberapa strategi yang dilakukan oleh guru dan orang tua untuk meningkatkan kepribadian untuk dapat menghasilkan prilaku yang manusiawi, yaitu melakukan pembinaan rohani dan konseling pastoral yang terus menerus dilakukan.


Keywords


Kooperatif Sosial, pembelajaran, pembentukan karakter

Full Text:

PDF

References


Asriyah, P. W., Taftazani, B. M., & Budiarti, M. (2016). PERANAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK SEBAGAI PEMIRSA ℡EVISI DIRUMAH. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2).

D. Gunarsa, S. (1980). Psikologi Untuk Membimbing. PT. BPK Gunung Mulia.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif: Rekonstruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora. Literasi Nusantara.

Hartono, H. (2018). Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 2(1), 62–69.

Hendra, V. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih Dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukkan Karakter. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 3(1), 48–65.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan Kecerdasan antar Peserta Didik. Pustaka Belajar.

Kala’Padang, A. (t.t.). Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP PGRI Marinding Kelas II.

Mardiah, D., & Al-Hamdani, M. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integratide Reading And Composition Terhadap Perilaku Sosial Dan Spiritual Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 5(1).

Mika, & Tuhumury, P. (2013). Implementasi Strategi Pembinaan Menuju Pertumbuhan Rohani Pemuda Gkii Jemaat Sidu’ung Muara Berau. Jurnal Jaffray, 11(2), 191–208.

Mulyatiningsih, E. (2011). Analisis model-model pendidikan karakter untuk usia anak-anak, remaja, dan dewasa. Yogyakarta: UNY, dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/Dra-Endang-Mulyatiningsih,-M. Pd./13B_Analisis-Model-Pendidikan-karakter. pdf, diakses pada, 8.

Pattinama, Y. A. (2017). Pentingnya Guru Bimbingan Konseling (BK) Kristen Dalam Pelayanan Pastoral Konseling. SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual, 4(2), 182–195.

Piaget, Jean, & Inhelder, B. (2010). The Psychology of Child, Terj. Miftahul Jannah. Pustaka Pelajar.

Safiruddin, S. P., & Teori, K. (t.t.). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Pada Materi Fungsi Komposisi dan Invers di Kelas XI SMA Negeri 1 Banda Aceh.

Suharta, I. M. (2017). Pastoral Konseling Terhadap Anak Usia 5-12 Tahun Yang Mengalami Krisis Kasih Sayang. SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual, 4(2), 158–181.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Suwandayani, B. I., & Isbadrianingtyas, N. (2017a). Peran Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar.

Suwandayani, B. I., & Isbadrianingtyas, N. (2017b). Peran Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar.

Suyanta, S. (2013). Membangun Pendidikan Karakter dalam Masyarakat. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(1), 1–11.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 1.

Tadiampang, N. (2020). Pengembangan Pemuridan Kontekstual Sebagai Pendampingan Pastoral Bagi Keluarga, Guru, Dan Masyarakat Dalam Membangun Karakter Anak.

Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 213–222.

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2).

Zainuddin, H. M. (2015). Implementasi kurikulum 2013 dalam membentuk karakter anak bangsa. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan, 9(1).




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i1.924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id