ANALISIS PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAGUBOTI KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Desta Hutabarat

Abstract


The research aims is to know the level of propensity for the implementation of inquiry learning strategies by PAK teachers in improving on student learning activeness in grade XI SMK Negeri 1 Laguboti Toba Samosir in 2019/2020.                 The population is all students of class XI SMK Negeri 1 Laguboti Toba Samosir in 2019/2020 amounted to 233 people and sample in this study 30% of the population were 70 people. The sampling technique uses a random sampling technique. The instrument used in this study was a closed questionnaire that was tested on 30 students outside the study sample of 38 items. From the results of the instrument validity test as many as 35 items are valid and 3 items are invalid, thus as many as 35 items are used as research instruments.               Then the tendency level of the implementation of inquiry learning strategies by PAK teachers in improving on student learning activeness in grade XI SMK Negeri 1 Laguboti Toba Samosir in 2019/2020 is in a fairly good category of 38.57% and 61.43% again obtained from other inherent factors that is not examined in this study.  Keywords : Analysis of Implementation of Inquiry Learning Strategies by PAK Teachers in Improving Learning Activeness

Full Text:

PDF

References


Alkitab. LAI

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Belandina, Janse. 2009. Profesionalisme Guru dan Bingkai Materi. Bandung : Bina Media Informasi

Darmadi. 2018. Optimalisasi Strategi Pembelajaran Inovasi Tiada Henti Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik. Lampung Tengah : Guepedia

Djamarah dan Zain, Syaiful Bahri. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Gulo. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Gramedia

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Homrighausen dan Enklaar. 2014. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta : BPK Gunung Mulia

Ismail, Andar. 2011. Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta : BPK Gunung Mulia

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustakaraya

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT Rajawali Persada

Nainggolan, Jhon M.. 2010. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi. Bandung : Bina Media Informasi

Pasaribu, Andar Gunawan. 2015. Aplikasi Kompetensi guru Pendidikan Agama Krsiten Yang Akitabiah. Medan : CV Mitra

Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovativ, Kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung : CV. Pustaka Setia

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Riduwan. 2010. Belajar Muda Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : CV.Alfabeta

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Sidjabat, 2011. Mengajar Secara Profesional. Bandung : Yayasan Kalam Hidup

Sudjana. 2001. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV.Alfabeta

Sumiati dan Asra. 2018. Metode Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Suyadi. 2012. Strategi Pembelajaran Inkuiri Bermuatan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovativ-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Uno dan Mohamad. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta : BPK Gunung Mulia

Sanjaya, Wina. 2017. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Yamin, Martinis. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press

Yusuf, Muri. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v18i1.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id