Peran Pemimpin Gereja dalam Pelayanan Anak

Marista Simaremare

Abstract


Abstrak:

Pelayanan kepada anak-anak merupakan pelayanan yang memiliki tantangan dan pergumulan yang berbeda dibandingkan pelayanan orang dewasa dan pemuda/remaja. Peran para pemimpin dalam pelayanan kepada anak-anak saat ini sangat dibutuhkan agar pelayanan anak-anak dapat terus dipertahankan dan diperjuangkan. Ada banyak anak-anak pada saat ini yang sudah terpengaruh oleh kemajuan tekhnologi dan media. Orang tua dan Gereja dalam hal ini harus berperan sebagai pendidik yang dapat memberikan keseimbangan dalam mengarahkan serta membimbing anak menjadi pribdai yang berkarakter baik sesuai etika Kristen. Dengan kajian kualitatif (literatur) menggunakan metode penelitian teologi praktika penulis akan membahas peran pemimpin gereja dalam pelayanan anak-anak di gereja. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat menyumbangkan pengertian baru bagi para pemimpin gereja untuk memfasilitasi para pelayan anak di gereja sehingga gereja memiliki tenaga pelayan anak yang cakap dan mampu untuk memberikan pendidikan dan ajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Sehingga pertumbuhan rohani dan karakter anak dapat berkembang kea rah yang lebih baik.

Kata Kunci: pemimpin gereja, pelayanan anak, pelatihan

 

 

Abstract:

A ministry to children is a ministry that has different challenges and struggles than the ministry of adults and youth/teenagers. The role of leaders in the ministry to children today is very much needed so that the ministry of children can be maintained and fought for. There are many children today who have been affected by advances in technology and media. Parents and the Church in this case must act as educators who can provide a balance in directing and guiding children to become individuals of good character according to Christian ethics. With a qualitative study (literature) using practical theological research methods, the author will discuss the role of church leaders in the ministry of children in the church. The purpose of this research is expected to contribute a new understanding for church leaders to facilitate child ministers in the church so that the church has child servants who are capable and able to provide education and teachings that are in accordance with the needs of children. So that the spiritual growth and character of children can develop in a better direction.

Keywords: church leaders, children's ministry, training



Keywords


Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2011.

Budiyono, Endah Totok. Membangun Pelayanan Anak Yang Kuat.

Crump Miller, Radolph. Fungsi-gereja http://renungan-harian-kita.blogspot.co.id.

Enklaar, I.H. dan E. G. Homrighausen. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Goodwin, David. Dunia Membutuhkan Pemimpin Pelayanan Anak. Yogyakarta: Kidsreach, 2018.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2008.

Lie, Paulus. Mereformasikan Sekolah Minggu. Yogyakarta: Andi Offset, 2003.

Piland, Harry M. Perkembangan Gereja dan Penginjilan Melalui Sekolah Minggu. Bandung: LLB, 1993.

Richards, Lawrence O. Pelayanan Kepada Anak-Anak. Mengayami Kehidupan Iman dalam Keluarga Allah. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2007.

Tong, Stephen. Arsitek Jiwa 1. Surabaya: Penerbit Momentum, 2016.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v19i2.735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id