Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Dengan Kreativitas Belajar PAK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Pembelajaran 2020/2021

Naomi Sarima Simamora

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Dengan Kreativitas Belajar PAK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Pembelajaran 2020/2021, dengan hipotesis terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Dengan Kreativitas Belajar PAK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif inferensial, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Batangtoru yang berjumlah 110 orang dengan sampel berjumlah 44 orang. Data dikumpulkan dengan angket tertutup sebanyak 38 item yang disusun oleh penulis berdasarkan indikator variabel sesuai teori ahli. Uji coba angket dilakukan kepada 30 siswa yang bukan responden penelitian, dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Dengan Kreativitas Belajar PAK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Pembelajaran 2020/2021 dengan koefisien korelasi rhitung > rtabel atau 0,648> 0,297 dan uji signifikan hubungan diperoleh thitung>ttabel sebesar 5,517 > 2,021, dengan demikian dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Kreativitas Belajar

 

 

Abstract:

This study aims to determine the relationship between the use of Mind Mapping Learning Model and Student Creativity in Class VIII SMP Negeri 1 Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan Regency in the Academic Year 2020/2021, with the hypothesis that there is a positive and significant relationship between the use of Mind Mapping Learning Models and Creativity. Learning PAK for Class VIII Students of SMP Negeri 1 Muara Batangtoru, South Tapanuli Regency, 2020/2021 Learning Year. This study used an inferential descriptive quantitative approach, with a total population of 110 students of class VIII SMP Negeri 1 Muara Batangtoru with a sample of 44 people. The data were collected using a closed questionnaire of 38 items compiled by the author based on variable indicators according to expert theory. Questionnaire trials were conducted on 30 students who were not research respondents, and their validity and reliability had been tested. The results of the data analysis show that there is a positive and significant relationship between the use of the Mind Mapping Learning Model and the Creativity Learning PAK for Class VIII students of SMP Negeri 1 Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan Regency for the Academic Year 2020/2021 with the correlation coefficient rcount> rtabel or 0.648> 0.297 and significant test. the relationship obtained tcount> ttable of 5,517> 2,021, thus it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted.

Keywords: Mind Mapping Learning Model, Learning Creativity.


Keywords


Model Pembelajaran Mind Mapping, Kreativitas Belajar.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alkitab. 2015. Jakarta: lembaga Alkitab Indonesia.

Arifah, Fita Nur. 2016, Menjadi Guru Teladan, Kreatif, Inspiratif, Motivatif, dan Profesional. Yogyakarta: Araska.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Buzon, Toni. 2009, Buku pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

GP, Harianto. 2012, Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI.

Huda, Miftahul. 2013, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husein, Latifah. 2017, Profesi Keguruan menajadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.

Istarani & Intan. 2015, Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada.

Istarani. 2014, 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mohamad, Nurdin. 2011, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa. 2008, Menjadi Guru Profesional menciptakan pembelajaran Kreatif dan menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. 1992, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas anak sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.

_______. 2009, Pengembangan Kreativitas anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Nainggolan, John M. 2007, Menjadi Guru Agama Kristen. Jawa Barat: Generasi Info Media.

Nurdin, Syafruddin. 2019, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahayu, Ani Sri. 2012, Pengebangan Kreativitas Kemandiria. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Rusman. 2011, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Saleh, Andri. 2008, Kreatif Mengajar dengan Mindmap. Bandung:

Tinta Eas Publishing.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Depok: Yogyakarta.

Slameto. 2015, Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kuanlitatif. Bandung: Alvabeta

Sumiyatiningsih. 2006, Mengajar dengan Kreatif dan Menarik. Yogyakarta: ANDI.

Swadarma, Doni. 2013, Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v19i2.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id