Pengaruh Manajemen Pembelajaran oleh Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan

Sehatma Banjarnahor, Betty Arli Sonti Pakpahan, Bernard Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Manajemen Pembelajaran Oleh Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Doloksanggul, dengan hipotesis: 1). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Manajemen Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan; 2). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan; 3). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Manajemen Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan inferensial. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Doloksanggul yang berjumlah 89 orang dengan sampel 45 orang yang diambil secara random. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dan test, yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator variabel penelitian. Uji coba angket dilakukan kepada 30 peserta didik yang bukan sampel penelitian, dan telah teruji dengan uji validitas dan reliabilitas. Hipotesis di atas diterima kebenarannya dengan data: 1). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Manajemen Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan sebesar 39.18% dengan Fhitung>Ftabel yaitu27.66>4.08. 2). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan sebesar 32.03% dengan Fhitung>Ftabel yaitu20.18> 4.08. 3). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Manajemen Pembelajaran Dan Motivasi Belajar secara bersama-sama Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan sebesar 44.75% dengan Fhitung>Ftabel yaitu17.01>3.23, dengan persamaan regresi  dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif Manajemen Pembelajaran Oleh Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Doloksanggul secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama karena telah teruji secara empiris. Implikasinya: Jika akan meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan, guru harus menerapkan Manajemen Pembelajaran dan siswa memiliki Motivasi belajar yang tinggi.


Keywords


Koleksi Perpustakaan, Minat Baca

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, M. 2009. Pendidikan bagi anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto dan Rahardjo Mulyo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta

Davies, Ivor. K. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Hakim, Thursan.2008.Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspaswara

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. BumiAksara

Istarani dan Pulungan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munadi, Yudhi. 2016. Media Pembelajaran. Cipayung : GP Press

Poerwadarminta. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Sinar Harapan

Purwanto Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta

Rohani. Ahmad. 2010. Pengelolaan Pembelajaran, sebuah pengantar menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta

Sabri. Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching

Sagala, H. Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya Wina. 2008. Strategi Belajar Mengajar Beririentasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Satori, Djam’an. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada

Sijabat, B.S. 2017. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup

Siregar, Eveline dan Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Sudjana. 2002. Metodologi Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito

Sujana Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Soemanto Wasty. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Suprijono Agus. 2010.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sutikno Sobry M, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Prospect

Syah Muhibbin,. 2008. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Tim Penulis. 2008. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Trianto, 2010. Mendesain model Pembelajaran Inovati-Progresif, Jakarta: Kencana

Uno. Hamzah. B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel. 2008. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yamin Martinis. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers.

http://kabarpendidikan, blogspot.com. diunduh 20 Desember 2022.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v21i2.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id