Pengaruh Manajemen Pembelajaran oleh Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Manajemen Pembelajaran Oleh Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Doloksanggul, dengan hipotesis: 1). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Manajemen Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan; 2). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan; 3). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Manajemen Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan inferensial. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Doloksanggul yang berjumlah 89 orang dengan sampel 45 orang yang diambil secara random. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dan test, yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator variabel penelitian. Uji coba angket dilakukan kepada 30 peserta didik yang bukan sampel penelitian, dan telah teruji dengan uji validitas dan reliabilitas. Hipotesis di atas diterima kebenarannya dengan data: 1). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Manajemen Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan sebesar 39.18% dengan Fhitung>Ftabel yaitu27.66>4.08. 2). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan sebesar 32.03% dengan Fhitung>Ftabel yaitu20.18> 4.08. 3). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Manajemen Pembelajaran Dan Motivasi Belajar secara bersama-sama Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan sebesar 44.75% dengan Fhitung>Ftabel yaitu17.01>3.23, dengan persamaan regresi dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif Manajemen Pembelajaran Oleh Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Doloksanggul secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama karena telah teruji secara empiris. Implikasinya: Jika akan meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan, guru harus menerapkan Manajemen Pembelajaran dan siswa memiliki Motivasi belajar yang tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, M. 2009. Pendidikan bagi anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto dan Rahardjo Mulyo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta
Davies, Ivor. K. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali Pers
Hakim, Thursan.2008.Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspaswara
Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. BumiAksara
Istarani dan Pulungan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munadi, Yudhi. 2016. Media Pembelajaran. Cipayung : GP Press
Poerwadarminta. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Sinar Harapan
Purwanto Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Muda. Bandung: Alfabeta
Rohani. Ahmad. 2010. Pengelolaan Pembelajaran, sebuah pengantar menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta
Sabri. Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching
Sagala, H. Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya Wina. 2008. Strategi Belajar Mengajar Beririentasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Satori, Djam’an. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka
Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada
Sijabat, B.S. 2017. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup
Siregar, Eveline dan Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Sudjana. 2002. Metodologi Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito
Sujana Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Soemanto Wasty. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Suprijono Agus. 2010.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Sutikno Sobry M, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Prospect
Syah Muhibbin,. 2008. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Tim Penulis. 2008. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Trianto, 2010. Mendesain model Pembelajaran Inovati-Progresif, Jakarta: Kencana
Uno. Hamzah. B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel. 2008. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Yamin Martinis. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pers.
http://kabarpendidikan, blogspot.com. diunduh 20 Desember 2022.
DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v21i2.435
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id