Pengaruh Pengajaran Pendeta Yang Kreatif Terhadap Minat Belajar Anak Sidhi Tahun 2022

Andar Gunawan Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang postif dan signifikan antara mengajar kreatif oleh Pendeta terhadap minat belajar Peserta didik Katekisasi  GKPI Onan Runggu Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara tahun pembelajran 2020, dengan hipotesis terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara mengajar kreatif oleh Pendetaterhadap minat belajar Peserta didik Katekisasi GKPI Onan Runggu Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara tahun pembelajran 2022,  . 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan statistik  inferensial, dengan populasi seluruh Peserta didik Katekisasi  GKPI Onan Runggu Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara tahun pembelajran 2022, berjumlah 20 orang. Data dikumpulkan dengan angket tertutup sebanyak 30 item yang disusun oleh penulis berdasarkan indikator variabel sesuai teori ahli. Uji coba angket dilakukan kepada 20 Peserta didik Katekisasi  yang bukan responden penelitian, dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara mengajar kreatif oleh Pendetaterhadap minat belajar Peserta didik Katekisasi GKPI Onan Runggu Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara tahun pembelajran 2022,  dengan koefisien determinasi (r2) = 20,89% dan uji signifikan pengaruh diperoleh Fhitung>Ftabel sebesar 12,56>4,03, artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Keywords


Mengajar Kreatif Pendeta; Katekisasi Sidhi

Full Text:

PDF

References


G. D. Dahleburg. (2002). Siapakah Pendeta Itu? BPK Gunung Mulia.

Imam Robandi. (2010). Rahasia Menjadi Guru Hebat. Grasindo.

Istarani, I. P. (2015). Ensklipedia jilid 1. Media Persada.

J.L.Ch. Abineno. (2016). Sekitar katekese gerejawi pedoman guru. BPK Gunung Mulia.

Junni Donni Priansa. (2017). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Alfabet.

Kannit Smith. (2000). Buku Panduan Untuk Pelayanan Sidi. (The Lutheran World Federation.

Khairani, M. (2013). PsikoogiBelajar. Asjawa Pressindo.

Nainggolan, J. (2010). Guru Agama Kristen SebagaiPanggilan Dan Profesi. Bina Media Informasi.

Pasaribu, A. G. (2020). Hubungan Kreativitas Mengajar Pendeta Dengan Motivasi Belajar Anak Katekisasi Sidhi. Jurnal Kurios, 6(2), 367–379.

Pasaribu, A. G. (2020b). Pendekatan Model Pembelajaran Pada Pendidikan Agama Kristen. IAKN Tarutung.

Porter, S. E. (2007). “Allegory,” Dictionary of Biblical Criticsm and Interpretation. Routledge.

Riemer G. (2006). Ajarlah Mereka Melakukan,. YKBK/OMF.

Slameto. (2010). . Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v21i1.2271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id