Analisis Melodi dan Syair Lagu Buku Zinuno No. 463. Hare Fondrege Zi Sokhi di BNKP Tarutung Kota

Mulia Ningsih Zebua, Tahadodo Waruwu, Testi Bazarni Zebua

Abstract



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis melodi lagu dan menganalisis syair dari lagu Hare Fondrege Zi Sӧkhi yang diantaranya adalah motif, frase, melodi, tangga nada, ambitus, kontur melodi, harmoni, ritme, tempo, tektur, gaya bahasa, pola sajak, dan meteran pola. Lagu Hare Fondrege Zi Sokhi merupakan lagu asli Nias yang bertema kebangkitan rohani. Lagu ini dinyanyikan sesuai dengan liturgi gereja yang disusun dalam perikopen BNKP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan instrumen penelitian observasi, wawancara, dokumentasi.
Lagu ini memiliki birama 4/4 dengan nada dasar Bes=do, MM 96-104 Moderato, terdiri dari 17 bar, terdapat delapan frase, motifnya yaitu abcd, tempo dalam menyelesaikan satu ayat lagu ini adalah 42,5 detik, dengan gaya bahasa Mesodiplosis dan Apofasi, pola sajaknya aaaa, dan pola meter 4/4 Quadruple meter.


Keywords


Analisis Melodi Dan Analisis Syair

Full Text:

PDF

References


Agustianto, Kusumawati Heni. 2013. Solfegio 1. Jurusan Pendidikan Seni

Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Banoe, Pono 2003. Kamus Musik. Yogyakarta. KANISIUS.

Butterwort, Anna. 1999. Harmony In Practice. By The Associated Board Of The Schools of Music.

BNKP, Perikopen BNKP Tahun 2022( Gunungsitoli: BPHMS BNKP,2022)

Harefa Sarosowoto Michael. 2019 “Analisis Bentuk dan Makna Syair Lagu Ya’e Zumange di Gereja BNKP Teladan Medan.” Skripsi. Seni Musik: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas HKBP Nommensen.

Jugiyanto. 2018. “ Metode Pengumpulan Data dan Teknik Analisis Data”. Yogyakarta : Andi 2018.

Lase Lestari Gita. 2021. “Analisis Melodi dan Syair Lagu Buku Zinuno No. 257 Da Ma’ohe Khou Zumange di BNKP Tarutung Kota”.

Lexy. J, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Mack, Dieter. 2019. Ilmu Melodi.Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Malm, William P. 1973. Kebudayaan Musik Pasifik, Timur Tengah, dan Asia. terjemahan Takari, 1993.

McNeill, J, Rhoderick. 1994. Sejarah Musik 1. Jakarta: Libri

McNeill, J, Rhoderick. 2005. Sejarah Musik 2. Jakarta: Libri

Moleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitati. Bandung : PT. Remaja Rosdakarta.

Prier, SJ. 2004. Ilmu Bentuk Analisa. Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi.

Prier Edmund-Karl, 2022. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi.

Silitonga, 2014. Teori Musik. Medan: Unimed Press.

Simanungkalit Erikson. 2013. “Analisis Lagu Ai Hodo Napuna Haraja On”. Skripsi. Tarutung: Pendidikan Musik Gereja, Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Tarutung.

Subagyo,Fasih. 2007. Terampil Bermain Musik. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukohardi, Al, 2019. Teori Musik Umum. Cetakan ke-27. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi.

Strauss, 2007. dasar-dasar penelitian kualitatif, dan R&D. Bandung: C. V Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i2.1793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id