Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi PAK Siswa Kelas I SD Negeri No. 084083 Sibolga Tahun Ajaran 2020/2021

Punia Hutauruk

Abstract


Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas I SD Negeri No. 084083 Sibolga dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa. Peneliti melakukan tindakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan aplikasi “Zoom Meeting” dan WhatsApp (WA) dengan melibatkan 2 (dua) siklus yang berbeda yaitu Siklus I dan Siklus II mencakup: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil belajar yang diperoleh pada Siklus I yaitu sebanyak 9 siswa (60,0%) yang telah mencapai ketuntasan minimal (KKM) belajar dan 6 siswa (40%) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata siswa yaitu 62,0. Hasil observasi juga diperoleh pada kegiatan guru (peneliti) yaitu 78,33% dan hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa yaitu sebesar 68,75%. Selanjutnya pelaksanaan Siklus II masih perlu untuk dilaksanakan. Pelaksanaan Siklus II diterapkan pada materi ajar dan metode pembelajaran yang sama yaitu pembelajaran jarak jauh pada materi ajar PAK Kelas I SD. Setelah dilaksanakan evaluasi hasil belajar pada Siklus II, diperoleh peningkatan jumlah siswa yang telah tuntas belajar menjadi 13 siswa (86,67%) dan penurunan pada siswa yang belum tuntas belajar yaitu hanya 2 siswa (13,33%). Peningkatan persentase juga terjadi pada hasil observasi terhadap kegiatan guru yaitu menjadi 91,67% dan persentase terhadap aktivitas siswa juga meningkat menjadi 90,63%. Berangkat dari hasil penelitian yang diperoleh pada Siklus I bila dibandingkan dengan pelaksanaan Siklus II. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 siswa (26,67%) serta penurunan jumlah siswa yang belum tuntas belajar yaitu sebanyak 4 siswa (26,67%). Peningkatan lainnya juga terjadi pada persentase tindakan guru saat menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,34 % dan 21,88% pada aktivitas siswa. Hasil tersebut membuktikan bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat melalui pembelajaran jarak jauh pada materi PAK siswa Kelas I SD Negeri No. 084083 Sibolga pada Tahun Ajaran 2020/2021.

Kata kunci: peningkatan, belajar siswa, metode pembelajaran jarak jauh

 

 

Abstract:

The purpose of research is to increase the student’s learning motivation on Christian Education of Class 1 Public Elementary School No. 084083 Sibolga with research subjects as many as 15 students. Researchers carried out distance learning actions with the "Zoom Meeting" and WhatsApp (WA) applications involving 2 (two) different cycles, namely Cycle I and Cycle II covering: planning, implementation, observation and reflection. The learning outcomes obtained in Cycle I were 9 students (60.0%) who had achieved the minimum mastery (KKM) of learning and 6 students (40%) who had not finished studying with an average score of 62.0. The results of observations were also obtained on the activities of teachers (researchers) that is 78.33% and the results of observations on student activities that is equal to 68.75%. Furthermore, the implementation of Cycle II still needs to be carried out. The implementation of Cycle II was applied to the same teaching materials and learning methods, namely distance learning in Christian Education on Class I Public Elementary School teaching materials. After evaluating learning outcomes in Cycle II, it was found that there was an increase in the number of students who had finished studying to 13 students (86.67%) and a decrease in students who had not finished studying, which was only 2 students (13.33%). An increase in the percentage also occurred in the results of observations of teacher activities, namely to 91.67% and the percentage of student activities also increased to 90.63%. Based on the research results obtained in Cycle I when compared with the implementation of Cycle II. There was an increase in the number of students who finished studying as many as 7 students (26.67%) and a decrease in the number of students who had not finished studying as many as 4 students (26.67%). Another increase also occurred in the percentage of teacher actions when implementing distance learning in Cycle II, which increased by 13.34% and 21.88% in student activity. These results prove that students' learning motivation can be increased through distance learning on Christian Education material for Class I Public Elementary School No. 084083 Sibolga in the 2020/2021 Academic Year.

Keywords: improving, student learning, distance learning method


Keywords


Improving student learning, distance learning method

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Darmansyah. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Padang: UNP.

Eunike, P, Bobby Kurnia Putrawan. 2021. Kajian Pedagogis Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19: Studi Kasus Siswa SMK Harapan Bagi Bangsa, Jakarta Utara. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol. 6 No. 1, 32-44.

Hamalik. 2009. Prosedur Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Idzhar, A. 2016. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan/ Jurnal Office, Vol. 2 No.2, 221-228.

Manuputty, P, Novia Lakoruhut. 2021. Probelamatika Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-1. Didaxei: Jurnal Pendidikan, Vol. 1 No.2, 53-61.

Peter Salim dan Yenny Salim. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Kntemporer. Jakarta: Erlangga.

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Samosir, C, M, Fredik Melkias Boiliu. 2021. Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Basicedu, Vol. 5 No. 4, 2592 – 2600.

Sumarno, Y, et al. 2021. Strategi PAIKEM Terpadu Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Pandemi Covid-19. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, Vol. 4, No. 2, 226-244.

Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 3 No. 1, 73-82.

Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Yuangga, K, D, Denok Sunarsi. 2020. Penggembangan Media dan Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. Guru Kita: Jurnal Pendidikan, Vol. 4 No. 3, 51-58.

Winkel, W.S. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i1.1608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id