Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tim Assited Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Sariayu Sibarani

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas pembelajaran dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada pokok bahasan Sudut dan Garis-Garis Sejajar di kelas VII SMP N 1 Muara Tahun Pembelajaran 2019/2020. Dengan hipotesa penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sudut dan garis-garis sejajar di kelas VII SMP Negeri 1 Muara Tahun Pembelajaran 2019/2020. Hasil analisis data menunjukkan Pada  tes hasil belajar siklus I diperoleh 12 orang siswa(40%) telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 59,16. Pada tes hasil belajar siklus II diperoleh  26 orang siswa(86,66%) telah mencapai ketuntasan belajar dengan nialai rata-rata 85,5. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI di kelas VII SMP 1 Muara Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar siswa , khususnya pada pokok bahasan sudut dan garis-garis sejajar.

Katakunci : TAI, hasil belajar matematika

Abstract:

This study aims to find out how much the increase in student learning outcomes and learning activities with the application of Team Assisted Individualization Type Cooperative Learning on the subject of Angles and Parallel Lines in class VII SMP N 1 Muara in the 2019/2020 academic year. With the research hypothesis the application of the TAI type cooperative learning model can improve student learning outcomes on the subject of angles and parallel lines in class VII SMP Negeri 1 Muara for the 2019/2020 academic year. The results of data analysis showed that in the first cycle of the learning outcomes test, 12 students (40%) had achieved learning mastery with an average score of 59.16. In the second cycle of learning outcomes tests obtained 26 students (86.66%) have achieved complete learning with an average value of 85.5. Thus, it was concluded that the use of the TAI type cooperative learning model in class VII SMP 1 Muara, Muara District, North Tapanuli Regency for the 2019/2020 academic year could improve student learning outcomes, especially on the subject of angles and parallel lines.

Keywords: TAI, math learning outcomes


Keywords


TAI, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M, (2003), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Basuki (2000.h.9) Pebelajaran Matematika Disertai dengan Penyusunan Peta Kosep.(Tesis).Bandung

Hamalik (2008) , (Ardanayudhistira.blogspot.com/2012).

Herman Hudojo(1998),Belajar Mengajar Matematika , Deodokbud,Jakarta

Ibrahim, H, M, dkk, (2000), Pembelajaran Kooperatif, UNESA-Universitas Press, Surabaya.

Isjoni, (2009),Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok, Alfabeta, Bandung.

Joyce (2007), Pedoman Pemeriksaan Laboratorium dan Diagnostik Edisi 6. Jakarta

Kardi dan Nur(2000) ,( www , Asik belajar.com).

Latif, M, A, (http:/karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/karya-dosen-fs/article/view/2015.

Lie, A, (2004), Cooperative Learning, Grasindo, Jakarta.

M, Kespita, (2009), Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dengan Menggunakan Modul Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Peluang, Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.

Makmun khairani (2014), psikologis belajar,Aswaja presindo,Yogyakarta

Morgan dan Ngalim (2005) ,Eprinst.uny.id.

Muhamad Adnan Catif (http//Karya- Ilmiah.Um.ac.id/Indeks Php/Karya Dosen-fs/arfcde/view/22/5).

Nani dan Amir(2013), Pendidikan Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar(Slow Learner):PT. Luxima Metro Media,Jakarta

Nasution, S, (2008), Berbagai Pendekatan dalam Proses BelajarMengajar, Bumi, Aksara, Jakarta.

Ngalim Purwanto(2007) , Evaluasi pendidikan , Rineka cipta , Jakarta.

Retna, Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, (http://digilib.unnes.ac.id).

Rumini,dkk.1995.Psikologi Pendidikan.Yokyakarta: IKIP Yokyakarta.

Sagala, Syaiful, (2009), Konsep dan Makna Pembelajaran, Alfabeta, Bandung.

Soekanto(2007), Sosiologi Suatu Pengantar.Jakarta:PT.Rineka

Sardiman A.M(2016), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: PT.Raja Grafindo.

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Slavin (2009), Cooperative learning , Nusa Media Bandung.

Slavin, Robert, (2005), Cooperative Learning Cara Efektif dan Menyenangkan Pacu Prestasi Seluruh Peserta Didik, Nusa Media, Bandung.

Suharyanto, (http://smu-net.com, 2008).

Suryo Subroto(2002) , Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta Tim Pelatih Proyek PGSM, (1999), Penelitian Tindakan Kelas, Dirjen Dikti P2GSM, Depdikbut, Jakarta.

Tim Pelatih Proyek PGSM, (1999), Penelitian Tindakan Kelas, Dirjen Dikti P2GSM, Depdikbut, Jakarta.

Zainure, (http://zainure.wordpress.com/2007/05/14).




DOI: https://doi.org/10.46965/ja.v20i1.1503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2017
Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung
Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
email: info@iakntarutung.ac.id